Kodim 0101/BS Tanam 3000 Bibit Mangrove di Krueng Raya

  • Whatsapp
kodim penanaman mangrove
Foto: Ist

ACEH BESAR – Kodim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis, S.I.P melakukan penanaman 3.000 bibit tanaman Mangrove di Desa Lamnga Kecamatan Krueng Raya Kabupaten Aceh Besar, Selasa (9/7).

“Penanaman ini dilakukan dalam rangka Gerakan Nasional Peduli Mangrove yang mengusung tema “Mangrove Lestari, Lingkungan Asri, Masyarakat Sejahtera” jelas Dandim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis, S.I.P mewakili Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) saat menghadiri kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Dandim mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena selain untuk menjaga kelestarian alam, penanaman ini juga dapat memberikan kontribusi keamanan khususnya di wilayah pesisir.

“Kami sangat dukung kegiatan seperti ini, karena selain kelestarian alam terjaga, hal ini juga dapat berikan kontribusi keamanan khususnya di wilayah pesisir dengan mengurangi dampak dari abrasi, badai dan angin siklon,” ujarnya.

Hal itu dikarenakan akar dari tanaman Mangrove tersebut mampu mengikat dan memperkuat struktur tanah sehingga tanah menjadi kuat dan kokoh tidak mudah longsor.

“Selain itu manfaat penting lainnya yang tidak begitu diketahui masyarakat yakni manfaat ekologis berperan juga dalam mengurangi zat pencemar udara dan penghasil oksigen melalui proses fotosintesis,” imbuhnya.

Penanaman tersebut diikuti 190 orang dari berbagai unsur diantaranya Balai Pemantapan kawasan hutan (BPKH) wilayah XVIII, Balai pengolahan hutan produksi (BKSDA), Balai Pengolahan Hutan Produksi (BPHP), Personel BPDASHL Krueng Aceh, Kelompok Formaslima dan Masyarakat Pemerhati Lingkungan.

Juga turut dihadiri Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0101/BS Mayor Inf Issukandar, S.Ag, Danramil 05/Mesjid Raya Mayor Inf Kristianto P.P.W, Camat Mesjid Raya Akbar Mubarak S.STP, Kapolsek Mesjid Raya Iptu Ading Surya Diningrat, Geuchik Desa Lamnga, Personel Koramil 05/Mesjid Raya dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVII PD Iskandar Muda Ny. Hasandi Lubis beserta Pengurus. (*)

Pos terkait