Koperasi Syariah Mandiri Terbaik di Aceh Besar

  • Whatsapp
koperasi syariah aceh besar
Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi didampingi Kadisperindagkop dan UKM Aceh Besar Taufiq SH menyerahkan uang pembinaan kepada pengurus koperasi terbaik di Aceh Besar di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (15/7). Foto: Ist

ACEH BESAR – Koperasi Syariah Mandiri Darussalam terpilih sebagai koperasi  terbaik pertama tahun 2019 dalam wilayah Kabupaten Aceh Besar, Sehingga lembaga keuangan non perbank kan itu berhak mendapat uang pembinaan dari pemerintah.

Penyerahan uang pembinaan kepada koperasi terbaik pertama dilakukan Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi didampingi Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar Taufiq SH di sela-sela apel gabungan memperingati Hari Koperasi ke-72 tahun 2019 tingkat Kabupaten Aceh Besar di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (15/7).

Bacaan Lainnya

Selain menyerahkan dana pembinaan untuk juara satu sekdakab juga menyerahkan uang pembinaan untuk juara II dan III masing-masing diraih Koperasi KPRI Murrah dan KUD Ujung Raja Peukan Bada.

Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi membacakan sambutan tertulis Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah AAGN Puspayoga.

Dikatakannya, tema  Hari  Koperasi  Nasional  tahun  ini adalah Reformasi Total  Koperasi  di  Era  Revolusi lndustri 4.0. Tantangan baru yang dihadapi oleh   dunia perkoperasian Indonesia tidak hanya sekadar mengubah cara berbisnis  dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun    menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola.   “Dalam konteks itu, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap system kepranataan yang sudah berjalan selama  ini,” ungkapnya.

Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir  ini, pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Lnsan koperasi disiapkan untuk  mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya. Untuk itu koperasi sudah saatnya memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform   e-commerce, aplikasi retail on-line dan pengembangan aplikasi-aplikasi  bisnis lainnya.

Dengan demikian diharapkan gerakan koperasi dapat merangkul generasi   millenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga dari totalitas penduduk Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM  dan BPS, tahun 2014 kontribusi Koperasi terhadap pembentukan PDB Nasional sebesar 1.71 persen,     dan pada tahun 2018 sudah meningkat tajam menjadi  5.1 persen. “Kita  berharap agar Gerakan Koperasi di Indonesia mampu menjawab tantangan  zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Aceh Besar Taufiq SH menjelaskan, kepada koperasi terbaik tersebut masing-masing untuk terbaik I, II, dan III menerima uang pembinaan Rp 5 juta, Rp 3 juta, dan Rp 2 juta.

“Mudah-mudahan koperasi di Aceh Besar dapat terus berkembang dan maju,” tambah Kadisperindagkop dan UKM Aceh Besar. (*)

Pos terkait