Kota Sabang Terima 4.888 masker GEMAS Tahap 2

  • Whatsapp

SABANG – Pemerintah Kota Sabang menerima 4.888 masker yang akan diberikan kepada 25 SD, 5 MI, dan 2 SLB se-Kota Sabang dari bantuan Pemerintah Provinsi Aceh dalam rangka program Gerakan Masker Sekolah (GEMAS) tahap 2 serentak di seluruh Aceh, yang berlangsung di halaman Kantor Walikota Sabang, Jumat (22/1).

Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh atas penyerahan masker dalam rangka menyukseskan program GEMAS tahap 2 untuk menekan angka Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah Pemko Sabang selalu bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Aceh untuk sama-sama menekan angka Covid-19 agar dapat terkendali, dan itu semua tidak terlepas dari kerjasama semua pihak yang terus menerus mengingatkan masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan,” kata Wali Kota Sabang.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh, Drs. Mahdi Efendi mengatakan bahwa program GEMAS tahap 2 ini adalah lanjutan dari program GEMAS tahap 1 yang dilaksanakan sebagai langkah antisipasi timbulnya kasus baru Covid-19 klaster sekolah yang sebagian Kabupaten/Kota di Aceh telah melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Drs. Mahdi Efendi juga menjelaskan, ada sedikit perbedaan target pada pelaksanaan GEMAS tahap 2 dengan GEMAS tahap 1. Jika Gemas tahap 1 menyasar seluruh tingkatan sekolah, mulai dari tingkat SD hingga SMA sederajat, maka GEMAS tahap 2 hanya menyasar siswa Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Luar Biasa.

“Khusus untuk Kota Sabang ini, Sasaran Program GEMAS tahap 2, sesuai dengan data Dapodik dan Emis, adalah sebanyak 25 SD, 5 Ml dan 2 SLB. Pada kesempatan ini akan kami serahkan sebanyak 4.888 lembar masker, disamping sejumlah brosur dan spanduk,” kata Mahdi.

Lebih lanjut dikatakan, program GEMAS tahap 2 ini akan menyasar sebanyak 4.181 (empat ribu seratus delapan puluh satu) SD/MIN/SLB se-Aceh dan 21.938 (dua puluh satu ribu sembilan ratus tiga puluh delapan) rombongan belajar (rombel). Para Wali Kelas, menjadi tokoh sukses program ini, untuk memastikan bahwa 622.827 (enam ratus dua puluh dua ribu delapan ratus dua puluh tujuh) siswa SD/MI/SLB di Aceh selalu memakai masker dengan benar.

Selain itu, katanya, Aceh saat ini juga telah menjalankan beberapa program pencegahan Covid-19 seperti, Gerakan Aceh Mandiri Pangan atau GAMPANG, Gerakan Gebrak Masker Aceh atau GEMA, dan Gerakan Nakes Cegah Covid- 19 atau GENCAR yang terfokus untuk mendukung sistem kerja tenaga kesehatan dalam pemulihan dan penanganan pasien Covid-19. (*)

Pos terkait