KPI Aceh Awasi Lembaga Penyiaran Selama Pemilu

  • Whatsapp
kpi aceh awasi lembaga penyiaran selama pemilu
Ketua KPI Aceh, Muhammad Hamzah didampingi Komisioner Panwaslih Aceh, Marini, SPt pada acara Sosialisasi Pengawasan Pelaksanaan Rapat Umum Terbuka dan Iklan Media Kampanye Pada Pemilu Tahun 2019, Kamis (28/03/19). Foto: Kanalinspirasi.com

ACEH TIMUR – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Provinsi Aceh melaksanakan sosialisasi Pengawasan Pelaksanaan Rapat umum terbuka dan Iklan Media Kampanye Pada Pemilu Tahun 2019, yang berlangsung di Hotel Royal Idi, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (28/03/19).

Ketua KPI Aceh, Muhamad Hamzah meminta seluruh Lembaga penyiaran yang ada di Aceh untuk wujudkan pemberitaan dan iklan pemilu yang berimbang dan independen.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh puluhan peserta penyelenggara penyiaran baik Televisi maupun Radio, Ketua KPID Aceh Muhamad Hamzah menyampaikan kepada seluruh lembaga penyiaran yang berada dan beroperasi di wilayah Provinsi Aceh untuk dapat mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 yang akan diselenggarakan pada 17 April mendatang.

Menurut Hamzah, Lembaga penyiaran dalam fungsinya sebagai media publik adalah pilar demokrasi yang harus ikut aktif dalam upaya mendukung pesta demokrasi melalui penyampaian informasi yang benar, berimbang dan senantiasa menjaga independensi sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran & Standar Program Siaran (P3 & SPS) dan kaidah Kode Etik Jurnalistik.

Untuk itu KPI Aceh menekankan kepada lembaga penyiaran agar dapat berpedoman kepada Surat Edaran Ketua KPI Pusat Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye Pemilihan Umum 2019 di Lembaga Penyiaran.

Dijelaskannya, Dalam Surat Edaran tersebut telah diatur segala hal terkait kaidah hukum bagi lembaga penyiaran dalam hal Pemilihan Umum 2019.

Oleh karena itu, KPI Aceh akan melakukan upaya pengawasan kepada seluruh lembaga penyiaran melalui kolaborasi dengan relawan pemantau media dalam rangka memperkuat pengawasan terhadap pelanggaran yang akan terjadi selama masa kampanye media hingga hari pelaksanaan Pemilu dan pasca pelaksanaan Pemilu 2019.

Terkait tehnis penayangan iklan kampanye khususnya di lembaga penyiaran, baik TV atau Radio, KPID Aceh kata Hamzah, menjalankan aturan dari KPI Pusat dan KPU. Dimana, pembagian porsi penyiaran iklan kampanye dibatasi 10 kali perhari dengan durasi 30 detik untuk setiap peserta pemilu.

Selain itu, KPI Aceh berupaya kuat bersama lembaga penyiaran di Aceh untuk menjadikan Pemilihan Umum 2019 sebagai ikhtiar kita bersama dalam merawat demokrasi melalui media sebagai ruang publik untuk mendukung demokrasi di Indonesia ke arah yang lebih baik.


Reporter: Cekdan
Editor: Dhanil

Pos terkait