Kuota Gratis untuk Belajar Online

  • Whatsapp
Sejumlah siswa belajar menggunakan fasilitas wifi gratis di Sanggar Suluk Nusantara di Wilayah Perumahan Depok Mulya 1, Depok, Jawa Barat, Selasa (11/8/2020). Foto : CNBC Indonesia

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan kuota internet gratis pada siswa sebesar 35GB/bulan dan Mahasiswa 50GB/bulan untuk proses pembelajaran selama berada di rumah akibat pandemi.

Untuk rencana ini kemendikbud menganggarkan dana Rp 7,2 triliun. Bantuan kuota internet ini akan diberikan selama empat bulan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) di kala pandemi virus corona Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 4 bulan. Siswa 35 GB/bulan, Guru 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen masing-masing 50 GB/bulan,” kata Nadiem di Gedung DPR, Kamis (27/8).

Nadiem mengungkapkan kuota memang diperlukan untuk PJJ karena kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan selama pandemi virus corona. Namun, banyak pelajar di berbagai daerah yang terkendala membeli kuota internet untuk belajar di rumah.

“Selama ini kami telah melakukan perjuangan internal di dalam pemerintah. Dan Alhamdulillah, kami dapat dukungan untuk anggaran pulsa untuk peserta didik kita di masa PJJ ini.”

Selama PJJ berjalan, Nadiem mengaku banyak mendapat laporan kendala orang tua dan pelajar dalam membiayai kuota. Perkara ini menurutnya lebih banyak didapati dibanding pelajar yang tidak memiliki gawai.

Diketahui, Nadiem juga berencana membuka kembali sekolah di zona kuning dan hijau. Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan di sekolah.

Nadiem juga mengatakan, tambahan penerima tunjangan profesi guru, dan tenaga kependidikan sampai tunjangan profesi dosan dan guru besar akan ditambahkan mencapai Rp 1,7 triliun.

Pos terkait