Lantik Dua Keuchik, Sekdakab Aceh Jaya: Penggunaan APBG Harus Tepat Sasaran

  • Whatsapp
Penggunaan APBG Aceh Jaya
Sekdakab Aceh Jaya Mustafa, S. Pd. M.A.P melantik Ahyar, Keuchik Sapek kecamatan Setia Bakti dan Hamdin Keuchik Alue Punti Kecamatan Teunom periode 2019-2024, Senin (5/8) foto: Humas Pemkab Aceh Jaya

ACEH JAYA –  Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya Mustafa, S. Pd. M.A.P  melantik Ahyar sebagai Keuchik gampong Sapek kecamatan Setia Bakti, dan Hamdin Keuchik gampong Alue Punti Kecamatan Teunom, untuk periode 2019-2024, Senin (5/8)

Sekda Aceh Jaya Mustafa, S.Pd. M.A.P dalam sambutannya berpesan agar keuchik yang baru dilantik agar dapat mengemban amanah dengan baik maka harus paham akan tugas pokok dan fungsinya ditengah-tengah masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Kami yakin dan percaya,  bahwa saudara akan mampu merangkul seluruh lapisan masyarakat dengan semangat kebersamaan dan bahu membahu untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat nantinya. Hal ini sangat penting untuk menjadi fokus dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan gampong yang akan dijalankan,” pesan Sekda dalam sambutannya.

Mustafa menyampaikan, dalam beberapa waktu akhir ini, proses kepemimpinan keuchiek telah menjadi sorotan publik dan berbagai pihak lainnya, hal ini dipandang wajar karena melalui kebijakan otonomi gampong, saat ini setiap gampong telah mengelola porsi anggaran pembangunan gampong yang cukup besar sesuai dengan tingkat gampong.

“Kebijakan penggunaan anggaran gampong harus dikelola secara transparan dan akuntabel supaya tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang merugikan kepentingan warga masyarakat,’’ lanjutnya.

Dalam menjalankan pemerintahan gampong, kata Mustafa, keuchiek harus menjalin hubungan yang harmonis dengan Tuha Peut dan lembaga lainnya yang ada di gampong, sehingga pembangunan biasa berjalan dengan lancar. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan yang akan dilakukan dalam melakukan pembangunan gampong.

Selain itu, geuchiek juga harus mampu menjawab segala tantangan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat demi memajukan gampong serta dapat mensejahterakan masyarakat. Keuchiek harus mampu meng-akomodir dan memprioritaskan pelaksanaan pembangunan yang berpihak kepada kalangan masyarakat miskin dan peningkatan perekonomian warga.

“Tidak hanya semata-mata pada pembangunan infrstruktur atau pra-sarana fisik hal ini sangat penting untuk digaris bawahi supaya penggunaan dana APBG tersebut benar-benar tepat sasaran dan dikelola sesuai peraturan yang telah ditetapkan,” pungkas Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya Mustafa, S. Pd. M.A.P. (*)

Pos terkait