Lapak Pedagang dengan Kedok Mobil Parkir di Blang Pidie

  • Whatsapp
mobil pedagang abdya
Mobil terparkir di jl. Sentral depan Masjid Jamik Blang Pidie jadi Lapak Jualan pedagang. foto: Wahyu/Kanalinspirasi

ABDYA – Berbagai cara orang untuk mendapatkan penghasilan melalui usaha yang dilakukan demi mengalirkan rupiah dari kantong orang lain untuk berpindah ke dalam pundi-pundi miliknya. Terkadang dilakukan diluar kebiasaan yang biasa dikerjakan oleh para pebisnis pada umumnya.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa pengusaha di sekitar Kota Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya). Dengan memanfaatkan sedikit ruang kosong, maka diparkirlah sebuah mobil seakan kendaraan sedang berhenti sejenak, padahal faktanya adalah sebuah tempat usaha untuk berjualan.

Bacaan Lainnya

Informasi yang diperoleh dari seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya, para pedagang tidak membuka lapak secara cuma-cuma di lokasi tersebut.

“Mereka membayar sewa tempat pada pemilik lahan, itu  merupakan kreativitas bisnis yang cerdik.” ungkapnya.

Pemandangan seperti ini terlihat pada beberapa titik di kota Blang Pidie, seperti di depan Masjid Jamie Blangpidie.  Di lokasi ini terdapat dua unit mobil yang secara fisik terlihat seperti mobil rusak karena keempat ban dalam keadaan kempes dengan kabin terlihat berantakan. Kedua kendaraan roda empat ini setiap hari terparkir di tempat yang sama, hingga pada malam hari dipergunakan untuk berjualan sejenis parfum dan pulsa.

Kondisi serupa juga terlihat di jalan Persada dan di depan Rumah Sakit Teungku Peukan, yang digunakan pedagan buah dan pulsa.

“Pedagang tentu tidak perlu menyewa toko untuk berjualan, dan jika lokasi sudah tidak menguntungkan tentunya mobil tersebut bisa dipindahkan meskipun dengan cara diderek,’’ tambah sumber tadi. (*)

Pos terkait