Lebih Dari 17 Ribu Orang Mendaftar Jadi Relawan Covid-19

  • Whatsapp
Gugus Tugas: 17.616 Orang Mendaftar Jadi Relawan Corona Sejumlah calon relawan menjalani cek medis. Foto : ANTARA

JAKARTA – Ketua Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian menyatakan jumlah relawan penanganan Virus Corona telah mencapai 17.616 orang. Relawan-relawan tersebut nantinya akan ditempatkan sesuai dengan keahliannya.

“Data per 7 April yang kita ambil, sudah ada 17.616 relawan. Terdiri dari 3.326 medis, dan 14.290 relawan non medis. Relawan tersebar hampir di seluruh Indonesia dengan jumlah pendaftar terbesar di Jakarta dan Jawa Barat,” kata dia melalui konferensi pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Selasa (7/4).

Bacaan Lainnya

Dalam pendataan relawan ini, kata dia, Gugus Tugas juga bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kami data dan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan dan keahlian. Prioritas masih relawan medis untk ditempatkan di Rumah Sakit Wisma Atlet, Pulau Galang, Rumah Sakit lapangan di Jakarta dan Bintaro,” ucap dia.

Koordinator Komunikasi Relawan, Joanes Joko, menambahkan relawan non-medis akan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

“Kami menunggu informasi dari teman teman yang sudah bergerak di sarana kesehatan, fasilitas kesehatan dan satgas daerah, relawan seperti apa yang dibutuhkan,” kata dia.

 Hingga Senin (6/4), pasien yang positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia menjadi 2.491 orang. Dari jumlah itu, 209 orang di antaranya meninggal dunia dan 192 pasien dinyatakan sembuh.

Sejumlah daerah dengan angka pasien positif tinggi antara lain, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah

Pos terkait