Legenda Persija Jakarta, Sofyan Hadi Meninggal Dunia

  • Whatsapp
legenda persija jakarta
Persija Jakarta mengumumkan bahwa legenda dan sekaligus mantan pelatih, Sofyan Hadi telah meninggal dunia dengan usia 69 tahun. Foto: Twitter persija

JAKARTA – Persija Jakarta baru saja menyampaikan kabar duka cita. Melalui media sosial, Macan Kemayoran mengumumkan bahwa legenda dan sekaligus mantan pelatih, Sofyan Hadi telah meninggal dunia dengan usia 69 tahun.

“Innalillahi wa inna ilaihi raoji’un. Turut berduka cita atas wafatnya salah satu LEGEND PERSIJA JAKARTA yaitu Coach Sofyan Hadi wafat di usia 69 Tahun. Mari kita sama-sama panjatkan doa, semoga ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, diangkat segala dosa-dosanya serta keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan. Aamiin aamiin,” ungkap manajemen Persija, Rabu (11/3).

Almarhum merupakan salah satu legenda Persija. Setidaknya ada empat gelar yang diberikan Sofyan Hadi yakni pada 1973, 1975, 1979 dan 2001. Trofi edisi 1973, 1975 dan 1979 diraih Sofyan Hadi sebagai pemain. Sedangkan untuk titel 2001 direbutnya ketika bertugas sebagai pelatih. Ketika berada disisi lapangan, dia bisa menyatukan sinergi dengan para pemain hebat guna meraih trofi juara.

Pada musim 2001, Sofyan Hadi menerapkan gaya permainan atraktif di Persija dengan mengandalkan sejumlah pemain hebat. Saat itu dia masih memiliki Anang Ma’aruf, Budi Sudarsono, Luciano Leandro, Widodo Cahyono Putro dan Bambang Pamungkas.

Namun, setelah merajai edisi 2001, Persija harus berpuasa selama 17 tahun untuk bisa mengulang prestasi serupa. Gelar juara dalam hal ini kompetisi Liga 1, baru bisa direbut lagi pada 2018 bersama Pelatih Stefano Teco Cugurra.

Sebelum wafat, Sofyan Hadi menderita sakit kanker sumsum tulang belakang yang sudah lima tahun dideritanya. Meski telah berpulang jasanya untuk Persija akan selalu dikenang oleh pecinta sepakbola Indonesia khususnya The Jakmania. Sampai berita ini diturunkan jenazah masih berada di rumah duka di Perumahan Ciomas Grande No. 13, Ciomas, Bogor.

Pos terkait