Maling Kotak Amal Masjid SPN Polda Aceh Dibekuk

  • Bagikan

Kanalinspirasi.com, ACEH BESAR –Lelaki berinisial ARP (27), akhirnya tertangkap aparat setelah aksinya mencongkel kotak amal di Masjid Babutaqwa SPN Polda Aceh, di Desa Lamtamot, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar.

Enam kali berhasil, rentetan aksi kriminal pemuda asal Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar itu, terhenti di kesempatan keenam setelah beberapa polisi yang berpatroli curiga dengan gelagat pelaku di dalam masjid tersebut.

Kapolres Aceh Besar melalui Kapolsek Lembah Seulawah, Ipda Bustamam SE mengatakan, pihaknya mengamankan ARP setelah sebelumnya diamankan oleh personel SPN Polda Aceh pada Minggu (15/3/2022), sekita pukul 02.00 WIB.

“Pelaku kepergok oleh personel SPN Polda Aceh yang saat itu sedang melaksanakan tugas piket dan melakukan giat patroli di sekitar masjid,” kata Ipda Bustamam, Minggu malam.

Awalnya, kata Ipda Bustamam, sejumlah personel SPN Polda Aceh melihat seorang laki-laki berada dalam masjid sedang menutup kotak amal milik masjid.

“Saksi kemudian berteriak dari luar mesjid dan pelaku langsung melarikan diri dan bersembunyi di belakang masjid,” katanya.

Polisi kemudian mengejar pelaku dan berhasil menangkapnya saat bersembunyi di belakang masjid.

“Dari tangan pelaku berhasil disita uang Rp 1 juta lebih yang ambil dari dalam kotak amal masjid,” katanya.

Kepada petugas, katanya, pelaku mengaku telah tujuh kali membobol kotak amal masjid tersebut selama tahun 2022. Dari rentetan aksinya, ia berhasil mengambil uang Rp 10 juta.

“Pelaku ini dulunya bekerja sebagai cleaning service di masjid tersebut. Berdasarkat interogasi, pelaku menjelaskan melakukan pencurian kotak amal mesjid dengan cara membuka pintu kamar penyimpanan eletronik dengan menggunakan kunci yang dimilikinya saat masih berkerja di masjid,” katanya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kata Ipda Bustamam, pelaku dan barang bukti berupa uang, handphone dan sepeda motor kini diamankan di kantor polisi.(*)

  • Bagikan