Mantan Menpora Abdul Gafur Wafat

  • Whatsapp
Mantan Menpora Abdul Gafur. Foto : KONI

JAKARTA. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Abdul Gafur meninggal dunia pada Jumat (4/9). Abdul Gafur meninggal dunia dalam usia 81 tahun di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada pagi ini pukul 06.30 WIB.

Kabar yang diterima Kompas.com menyebutkan, Abdul Gafur meninggal dunia karena positif Covid-19 dengan penyakit bawaan lainnya, yakni Diabetes Tipe 2.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto turut menyampaikan dukacita mendalam. “Kami tentu saja menyampaikan dukacita yang sangat mendalam,” kata Gatot S Dewa Broto saat dihubungi.

Diungkapkan Gatot, Abdul Gafur sangat berperan dalam kegiatan olahraga di Indonesia. “Beliau sangat energik, mobile, dan dinamis pemikirannya meski sudah di usia lanjut,” tutur Gatot.

Pada usia 80 tahun, beliau¬†launching¬†buku di Balai Kartini. Saat pergantian Menpora dari Bapak Hanif Dhakiri ke Bapak Zainudin Amali, beliau juga hadir. Begitu juga saat HSP (Hari Sumpah Pemuda),” imbuh Gatot.

“Beliau pencetus Haornas (Hari Olahraga Nasional) yang berujung adanya Keppres Nomor 67 Tahun 1985 tentang Haornas,” pungkas Gatot S Dewa Broto.

Abdul Gafur lahir di Halmahera, Maluku Utara, pada 20 Juni 1939. Dia merupakan Menpora periode 1983-1988 pada era kepemimpinan Presiden Soeharto. Sebelum diangkat sebagai Menpora, Abdul Gafur menjabat sebagai Menteri Muda Urusan Pemuda pada 1978-1983. Abdul Gafur juga menjabat posisi Wakil Ketua MPR RI pada 1997-1999.

Pos terkait