Masalah Irigasi Sawah, Mursalin: Pemkab Jangan Malu Belajar dari Keberhasilan Pemerintah Desa

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Ketua Komisi II DPRK Aceh Besar, Mursalin, meminta pemerintah belajar dari keberhasilan pemerintah desa, dalam mengatasi masalah mengairi areal sawah pertanian.

“Pemerintah jangan malu lah belajar pada pemerintah desa yang sudah berhasil dalam masalah irigasi sawah pertanian dengan metode pompanisasi. Ayo belajar dan terapkan di seluruh Aceh Besar” kata Mursalin.

Bacaan Lainnya

Mursalin mencontohkan keberhasilan penerapan pompanisasi di Mukim Pagar Air kecamatan Ingin Jaya, yang mampu mengairi hingga 90 hektar areal sawah.

“Salahsatu contoh keberhasilan masyarakat petani di Mukim Pagar Air yang menerapkan sistem pompanisasi untuk mengiri sawah. Mereka tidak ada urusan dengan irigasi teknis, setahun bisa dua kali tanam dan air terjamin” ungkap ketua Komisi II DPRK yang membidangi Pangan, Perikanan dan Disperindag tersebut.

Mursalin melanjutkan, saat ini dari 25 ribu hektar area sawah pertanian di Aceh Besar, sekitar 8 ribu belum memiliki jaringan irigasi dan ada irigasi persediaan air belum mencukupi mengairi area sawah pertanian.

“Salahsatu solusi dari masalah irigasi ini adalah dengan memperbanyak pompanisasi” ujarnya.

Sebagai sektor unggulan, kata Mursalin, Pemerintah harus betul-betul fokus membangun bidang pertanian dan kesejahteraan petani.

Salahsahsatunya memastikan adanya ketersediaan air untuk areal sawah pertanian” pungkasnya.(*)

Pos terkait