Messi Catatkan Gol ke-700

  • Whatsapp
Eksekusi penalti oleh megabintang Barcelona, Lionel Messi. Foto : AP
BARCELONA – Messi mencetak gol ketiganya sejak LaLiga kembali dijalankan dan gol ke-700 pada Juni saat menjamu Atletico Madrid dengan penalti panenka.

Lionel Messi mencapai milestone baru dalam karier profesionalnya dengan mencetak gol ke-700. Megabintang Barcelona itu melakukannya dalam hasil imbang 2-2 melawan Atletico Madrid pada Rabu (1/7) dini hari WIB tadi.

Messi, yang menginjak usia 33 pada 24 Juni kemarin, sukses mengonversi penalti di menit ke-50 untuk membuat timnya unggul 2-1 melawan tim arahan Diego Simeone.

Bacaan Lainnya

Dia mencapai tonggak sejarah itu dengan gaya berkelas lantaran melakukannya ala panenka atas kiper Atletico Jan Oblak, yang terkecoh dengan menjatuhkan diri lebih awal dan tidak berdaya untuk mencegah sepakan Messi.

Pemain depan Argentina itu tak lupa berselebrasi, dengan ‘mengklik’ jari-jarinya dan mengedipkan mata ke arah kamera.

Adapun penalti semalam diberikan wasit setelah full-back Nelson Semedo dijatuhkan bek Atletico Felipe, dan sang pengadil lapangan tak segan memberikan hukuman sepakan 12 pas.

Messi secara bersamaan mencapai prestasi terakhirnya ini di Camp Nou, stadion yang sudah menjadi rumahnya selama berkarier. Satu-satunya kekecewaan yang tersisa adalah bahwa ia tidak bisa merayakan gol di depan para penggemar Barcelona, mengingat semua pertandingan LaLiga dimainkan secara tertutup karena ancaman pandemi virus corona yang masih berlangsung.

Dia sekarang telah mencetak 630 gol untuk tim Catalunya tersebut, membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa, selagi 70 gol lainnya ia bukukan ketika memperkuat tim nasional Argentina.

Dengan lesakan terakhirnya, Messi sekarang tergabung dengan sekelompok legenda dalam ‘klub 700’.

Bintang Juventus dan Portugal Cristiano Ronaldo adalah satu-satunya pemain aktif selain Messi yang melewati angka tersebut, dengan ia mengemas 725 gol dalam 1002 penampilan profesional untuk Sporting CP, Manchester United, Real Madrid, Juventus dan tim nasionalnya.

Messi sendiri telah memecahkan 700 gol hanya dalam 860 penampilan untuk Barcelona dan Argentina, 100 lebih sedikit dari Ronaldo untuk mencapai angka yang sama.

Idola Ceko-Austria Josef Bican memegang rekor sepanjang masa untuk jumlah gol yang dicetak selama karier profesional, setelah mencapai 805 gol di hampir tiga dekade bersama Rapid Vienna, Slavia Praha dan tim nasional Austria serta Cekoslowakia.

Di belakang Bican terdapat favorit Barca lainnya, yakni Romario (772/994), Pele (767/831), legenda Hongaria Ferenc Puskas (746/754), pemain hebat Jerman Gerd Muller (735/793) dan Ronaldo (725/1002).

Pos terkait