Microsoft Batal Akuisisi TikTok

  • Whatsapp
Ilustrasi TikTok. Foto : Getty Image

JAKARTA – Microsoft dipastikan batal mengakuisisi bisnis TikTok di AS. Raksasa teknologi itu mengkonfirmasi bahwa penawarannya telah ditolak oleh sang pemilik aplikasi, ByteDance.

“ByteDance memberi tahu kami hari ini mereka tidak akan menjual operasional TikTok AS ke Microsoft,” kata Microsoft dalam pernyataan resmi, seperti dikutipĀ Bloomberg. “Kami yakin proposal kami akan baik untuk pengguna TikTok, sekaligus melindungi kepentingan keamanan nasional.”

Bacaan Lainnya

Untuk dapat melindungi kepentingan keamanan nasional yang dimaksud, mereka akan membuat perubahan signifikan untuk memastikan layanan memenuhi standar tertinggi untuk keamanan, privasi, dan memerangi disinformasi. Sayang, perusahaan tidak menjelaskan perubahan apa yang akan dilakukan, jika TikTok telah diakuisisi.

Microsoft disebut sebagai kandidat perusahaan teknologi AS paling kuat untuk membeli bisnis TikTok dari ByTeDance. Perusahaan juga dipandang punya kemampuan mengatasi masalah keamanan nasional yang dikhawatirkan Presiden AS Donald Trump.

Pengumuman ini datang sehari sebelum tenggat waktu yang diberikan oleh Trump kepada ByteDance untuk menjual TikTok ke perusahaan AS, yakni 15 September 2020. Jika ByteDance bersikukuh tak mau menjual, besar kemungkinan Trump bakal memblokir TikTok di AS.

Dengan batalnya Microsoft akuisisi bisnis TikTok, Oracle menjadi satu-satunya kandidat pembeli potensial. Menurut laporanĀ The Wall Street Journal yang berasal dari sumber terdekat dengan isu tersebut, Oracle bahkan disebut telah mencapai kesepakatan dengan ByteDance.

ByteDance sendiri menolak mengomentari kabar tersebut, sementara juru bicara Oracle belum memberikan tanggapan terkait kesepakatan bisnis TikTok di AS.

Pos terkait