Miguel Oliviera bersama KTM Juara MotoGP Mandalika 2022

  • Bagikan
Miguel Oliveira. Foto: Instagram @88migueloliveira

Kanalinspirasi.com, LOMBOK – Putaran kedua MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Pertamina Mandalika pada Minggu (20/3/22) sudah menemukan juaranya. Di tengah situasi yang tak terduga khas wet race, KTM menjadi juara di balapan bertajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Hujan membuat balapan harus mundur satu jam dari jadwal. Kondisi hujan pula memaksa para pebalap untuk berlaga dengan ban basah dan kondisi yang lebih menantang. Selain itu, balapan juga dikurangi lap-nya dari 27 menjadi 20. Drama dimulai.

Nama Marc Marquez tak muncul di starting grid sebab kecelakaannya di sesi warm up. Sebelum lampu hijau menyala, Quartararo sudah siap membuka gas, disusul oleh Jorge Martin, Johann Zarco, Brad Binder, hingga Enea Bastianini di urutan dua hingga lima starting grid.

Begitu lampu hijau menyala, Quartararo langsung mencuri posisi terdepan untuk mendapatkan holeshot. Namun urutan menjadi sangat acak, hingga membuat pebalap KTM, Miguel Oliveira berhasil mencuri posisi ke-dua. Sementara di urutan ke-tiga ada pebalap Ducati, Jack Miller.

Oliveira berhasil merebut posisi terdepan sejak lap ke-5. Pebalap tim pabrikan KTM ini sempat dibayang-bayangi oleh Jack Miller yang terkenal sebagai rain master.

Sayang Quartaro tak mampu menahan posisi terdepannya. Di lap ke-7, ia sempat menyentuh kerb di lintasan lurus dekat garis start. Hal ini yang membuatnya sempat turun ke posisi ke-5.

Saat lap ke-15 atau balapan tersisa 5 lap, Oliveira harusnya sudah percaya diri karena gap-nya dengan posisi ke-dua terpaut 4,6 detik. Sebaliknya, perang merebutkan posisi ke-dua sangat panas antara Jack Miller, Johann Zarco, dan Fabio Quartararo.

Quartararo dengan lihai dapat mencuri posisi ke-dua. Justru Miller yang sempat diunggulkan, malah kendor ke posisi ke-empat. Quartararo mencoba mengejar Oliveira hingga gap kurang lebih tiga detik, namun sayang kemampuan motor Yamaha-nya memang terkenal sulit untuk mengejar top speed.

Menjelang akhir balap, Oliveira sudah bisa memastikan diri sebagai pemenanganya karena cukup jauh dengan Quartararo di urutan ke-dua. Sedangkan pertarungan sengit justru terjadi untuk memperebutkan posisi ke-8. Kakak-beradik asal Afrika Selatan, Brad Binder dan Darryn Binder bertarung sengit ditengahi oleh Aleix Espargaro.

Akhirnya bendera finis berkibar di MotoGP Mandalika 2022. Posisi terdepan tak berubah sejak lap ke-6, Miguel Oliveira menjadi juara di Pertamina Grand Prix of Indonesia. Disusul oleh Fabio Quartararo, Johann Zarco, Jack Miller, hingga Alex Rins.

Berikut hasil MotoGP Mandalika 2022:

1 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
2 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
3 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP22)
4 Jack Miller AUS Ducati Lenovo (GP22)
5 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
6 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
7 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
8 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
9 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP)
10 Darryn Binder RSA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)*
11 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)
12 Pol Espargaro SPA Repsol Honda (RC213V)
13 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
14 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
15 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)
16 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP)
17 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)*
18 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)*
19 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
20 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)*
21 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)*
Andrea Dovizioso ITA WithU RNF Yamaha (YZR-M1)
Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)
DNS Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

sumber: Detik

  • Bagikan