Miris, Warga Sakit di Bulo Polman Harus Ditandu 6 Jam Ke Puskesmas

  • Whatsapp
kampung polewali mandar belum bisa menikamati jalan
Warga di Kecamatan Bulo, Polman yang tengah sakit harus ditandu berkilo-kilometer menuju ke puskemas terdekat. Foto : Huzair - iNews TV

POLEWALI MANDAR – Disaat seluruh rakyat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-74 ada sebuah kampung di Polewali Mandar, Sulawesi Barat justru belum bisa menikmati akses jalan dan fasilitas yang layak. Hal tersebut terekam dalam video amatir dimana seorang warga yang tengah sakit harus ditandu berkilo-kilometer menuju ke puskemas terdekat.

Ternyata hal itu kerap terjadi di Dusun Bombang, Desa Patambanua, Kecamatan Bulo, Polewali Mandar sejak puluhan tahun lalu.

Bacaan Lainnya

Dimana sejak dulu warga yang mengalami sakit dan akan berobat ke rumah sakit atau puskesmas harus ditandu menggunakan bambu dan kain sarung.

Ironisnya tak hanya hanya berjalan kaki hingga berkilo kilometer mereka juga harus melewati jalan setapak dan menanjak. Sehingga untuk mencapai tujuan ke puskesmas terdekat membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam lamanya bahkan ada satu wilayah yang harus di tempuh hingga satu hari.

Tak hanya askes jalan yang tak memadai namun juga jembatan penghubung juga dikelauhkan warga.

Selain di Desa Patambanua hal serupa juga terjadi sebulan lalu dimana di media sosial juga dihebohkan seorang warga asal Desa Ratte yang sakit parah harus ditandu menyeberangi sungai.

Sangat disayangkan karena apa yang dialami masyarakat di desa ini akibat kurangnya perhatian pemerintah. Warga bahkan sempat mempertanyakan anggaran dana desa yang tak tahu diperuntukan kemana.

Tak hanya itu saja protes dilakukan oleh sejumlah warga pada Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dan disuarakan di media sosial. Namun toh pemerintah tak melakukan apa-apa.

Mereka hanya bisa pasrah dan berharap adanya upaya dari pemerintah pusat untuk lebih tegas dan menegur para pemangku kebijakan di daerah tersebut.

Pos terkait