Mulai Besok, Kota Palembang Akan Terapkan PSBB

  • Whatsapp
palembang psbb
Jembatan Ampera di Kota Palembang. Foto : Wikipedia

PALEMBANG – Mulai besok, Rabu (20/5), Pemkot Palembang akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai bentuk langkah tegas guna menekan dan mencegah penyebaran COVID-19.

Langkah diterapkannya PSBB tersebut dinilai lebih cepat dari rencana semula yakni pasca Idul Fitri 1441 Hijriah.

Bacaan Lainnya

Draft Peraturan Walikota (Perwali) yang mengatur pembatasan fisik dan sanksi diklaim sudah selesai dan tinggal menunggu persetujuan Gubernur Sumsel.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, hari ini pihaknya akan menyerahkan draft perwali kepada Gubernur Sumsel untuk segera ditandatangani.

“Jadi, Rabu besok kita akan langsung terapkan PSBB di Palembang,” ujar Harnojoyo, Selasa (19/5).

Dijelaskan Harnojoyo, penerapan PSBB yang bakal dilaksanakan akan dilakukan selama 14 hari. Berbagai prinsip PSBB telah dilaksanakan di Palembang sejak penetapan status siaga darurat COVID-19 di Sumsel.

“Pembatasan sekolah, ibadah, dan kerja dari rumah pun telah dilakukan sejak awal April,” jelasnya.

Menurutnya, dengan penerapan PSBB, dasar hukum yang digunakan menjadi lebih kuat serta mengikat beberapa aturan tambahan dengan sanksi yang diberlakukan lebih berat bila ada pelanggaran.

“Kita juga akan memberlakukan pembatasan jam kerja, kumpulan orang dan pembatasan jumlah penumpang dalam angkutan umum. Sejumlah sanksi diterapkan bagi pelanggar mulai dari sanksi administrasi hingga tindak pidana ringan,” katanya.

Diungkapkannya, untuk jam kerja dari yang sebelumnya delapan jam per hari dipangkas menjadi lima jam untuk seluruh badan usaha, perusahaan, serta aparatur sipil negara. Dalam satu ruangan kantor pun harus diisi oleh 50 persen orang dari kapasitas maksimal.

Pos terkait