Nelayan Aceh, Temukan Kapal Yacth Asing Tanpa Awak Terdampar di Perairan Selat Malaka

  • Whatsapp
kapal yacht mewah
Satu unit yacht mewah di duga asal Thailand ditarik pantai Krueng Mane Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara oleh dua Nelayan Aceh. Kapar layar ini ditemukan terombang-ambing di tengah laut. Foto Direkam, Senin (13/1). Kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

ACEH UTARA – Satu unit kapal yacht mewah yang biasa digunakan untuk wisatawan diduga milik warga negara asing (WNA) ditemukan terombang-ambing di laut perairan Selat Malaka. Kapal yang kerap digunakan untuk berwisata itu ditemukan tanpa awak.

Panglima Laot Muara Batu Rusdi kepada wartawan mengatakan, kapal yatch tersebut ditemukan terombang-ambing di laut sekitar 20 mil dari perairan Muara Batu. Kapal yacht tanpa awak tersebut ditarik ke Kuala Mane, pada Minggu (12/1) oleh dua nelayan kami, Safirzal dan Azwar saat sedang melaut.

Bacaan Lainnya

Keduanya mendekat ke kapal layar tersebut, rencana meminta air minum, karena sudan haus. Tapi, Safrizal dan Azwar sudah memanggil awak kapal berungkali tidak menemukan satu orang pun dalam kapal layar tersebut, kata Rusdi kapada wartawan, Senin (13/1).

“Kemudian nelayan kami memberanikan diri untuk masuk ke dalam kapal untuk melihatnya. Namun ketika diperiksa tidak ada orang di dalamnya,” ungkap Rudi.

Setelah diperiksa dan melihat dinding perahu tersebut seperti tulisan bahasa Thailand. Dalam kapal layar itu ditemukan dompet berisi kartu ATM Barclay, kartu izin mengemudi (Driving Licence) atas nama Stephen Chrirstopher, berlambang bendera Inggris. Kartu Pass Priority Pass (Kartu Keanggotaan masuk restoran), dan Kartu ATM Lloyds Bank. Kapal tersebut juga dilengkapi dengan dua kamar tidur, dan satu kamar mandi.

Setelah itu, berkoordinasi dengan TNI Angkatan Laut Posal Krueng Mane terkait temuan kapal yacht. Dan, sudah kami sampaikan kepada pihak Polisi dan Syahbandar. Kami beri tahu kalau nelayan menemukan satu kapal yacht tanpa awak di tengah laut,” pungkasnya. (*)

Pos terkait