Objek Wisata Pantee Krueng Beukah Abdya Mendadak Menjadi Pasar Daging

  • Whatsapp
Tradisi Meugang Abdya
Kawasan objek wisata Pantee Kreung Beukah di Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya jadi pasar daging Meugang. foto: Wahyu/ Kanalinspirasi

ABDYA – Kawasan objek wisata Pantee Kreung Beukah di Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) kembali ramai dikunjungi warga sehari sebelum hari raya Idul Adha, Sabtu (10/8).

Namun warga yang datang dari berbagai kecamatan di kabupaten Aceh Barat Daya   bukan untuk berwisata, melainkan untuk membeli daging. Kawasan sungai objek wisata air tersebut mendadak menjadi pasar daging di hari meugang Idul Adha 1440 H ini.

Bacaan Lainnya

Harga daging yang dijual di kawasan ini berkisar Rp.180 ribu perkilo, untuk jenis daging sapi dan kerbau. Walau meningkat dari hari biasa, namun tidak menurunkan minat membeli masyarakat, untuk memenuhi tradisi makan daging di hari meugang (sehari sebelum hari raya).

Pedagang daging mulai berjualan selesai subuh hingga pukul 09.00 WIB, karena biasanya semua persediaan daging sudah habis terjual.

Bagi masyarakat yang tidak kebagian membeli daging atau tidak menjadikan daging sebagai pilihan santapan di hari meugang, di lokasi ini juga tersedia pedagang ayam, ikan dan sayuran, serta bumbu dapur.

Bagi masyarakat Abdya, hari meugang merupakan hari penyembelihan hewan ternak dan menikmati daging seperti sapi dan kerbau. Kearifan lokal ini sudah menjadi tradisi secara turun temurun di Abdya bahkan di Aceh baik menjelang memasuki bulan Ramadhan serta menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. (*)

Pos terkait