Oracle Juga Tertarik Akuisisi TikTok

  • Whatsapp
Pendiri sekaligus CEO Oracle, Larry Ellison yang juga orang terkaya kelima di Amerika Serikat juga merupakan pendukung Donald Trump. Foto : Ist

JAKARTA – Kompetisi untuk membelik TiTok dari ByteDance terus memancing perhatian perusahaan teknologi besar terutama yang berbasis di Amerika Serikat. Selain Microsoft kini Oracle dikabarkan juga menawar TikTok dengan angka yang mungkin fantastis.

Oracle merupakan kompetitor bebuyutan Microsoft di industri software dan database alias server. Perusahaaan ini dibangun dan dipimpin oleh orang terkaya kelima di Amerika Serikat, Larry Ellison. Kabarnya Oracle sudah bertemu langsung dengan pihak ByteDance.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari The Guardian, Oracle sudah menggandeng beberapa investor yang ingin bersama-sama membeli saham dari TikTok, di antara ada firma venture capital General Atlantic, dan Sequoia Capital. Sama seperti yang lain, mereka berminat membeli TikTok operasional Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, dan Australia.

Oracle terlihat seperti ingin membajak jembatan yang sudah dirintis oleh Microsoft untuk membeli TikTok. Dilaporkan sebelumnya bahwa perusahaan yang dipimpin Satya Nadella tersebut mengantongi restu dari Presiden AS Donald Trump apabila nanti ByteDance bersedia melepas saham TikTok.

Meskipun begitu kabar lain juga mengklaim bahwa aksi Oracle untuk membeli TikTok tidak terlepas dari dukungan politik dari Larry. Dia merupakan salah satu pendukung Trump yang juga sempat melakukan penggalangan dana untuk pemilihan ulang Presiden Amerika Serikat, dikutip dari Forbes.

Minat Oracle membeli TikTok memang dipertanyakan karena perusahaan ini lebih dikenal bergerak di bisnis teknologi kalangan korporasi. Namun, karena Oracle juga memiliki bisnis di manajemen data alias server maka kehadiran media sosial bisa menyediakan peluang bisnis iklan berdasarkan keunikan data yang dikumpulkan TikTok sebagai media sosial.

Kedua belah pihak, TikTok maupun Oracle sendiri tidak mau memberikan pernyataaan resmi terutama soal opini dari Larry. Hal ini menjadi petunjuk bahwa media sosial TikTok sedang menjadi perhatian dan incaran pelaku industri teknologi.

Pos terkait