Pelabuhan Balohan Sabang Jadi ikon Pulau Weh

  • Whatsapp
Asisten II Pemerintah Kota Sabang, Drs. Kamaruddin. Foto : Humas Pemkab Sabang

SABANG – Pelabuhan Penyeberangan Balohan Kota Sabang, menjadi salah satu ikon bagi Kota Sabang dalam upaya mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Asisten II Pemerintah Kota Sabang, Drs. Kamaruddin mengatakan dalam rangka mewujudkan upaya pemerintah menjadikan Sabang sebagai daerah tujuan wisata di Aceh, maka hal utama yang harus dibenahi ialah transportasi antara Banda Aceh ke Sabang.

Bacaan Lainnya

“Begitu juga sebaliknya, transportasi melalui laut harus lancar sehingga memudahkan wisatawan yang hendak ke Kota Sabang” kata Kamaruddin di Sabang, Rabu (10/6).

Menurutnya, sarana dan prasarana transportasi hendaknya lebih representatif dan nyaman, agar setiap wisatawan yang hendak berkunjung ke Sabang merasa aman dan nyaman.

Kamaruddin juga menilai, kenyamanan dan kepuasan wisatawan akan menjadi promosi yang lebih baik bagi setiap wisatawan potensial lainnya.

“Orang-orang yang potensial yang awalnya enggan ke Sabang karena sarana dan prasarana transportasi lautnya minim, maka akan berkunjung ke Sabang dan wisatawan meningkat,” ungkapnya.

Salah satu sektor yang harus dipenuhi ialah keberadaan pelabuhan yang lebih baik serta nyaman bagi calon penumpang yang akan menyeberang dari Balohan Sabang ke Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh, atau pun sebaliknya.

“Kita terus berbenah, pelabuhan Balohan ini harus menjadi salah satu ikon Kota Sabang. Peningkatan fasilitas sebagai salah satu upaya kita dalam meningkatkan pelayanan kepada setiap wisatawan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kota Sabang sangat mendukung adanya kegiatan revitalisasi Pelabuhan Balohan yang dilaksanakan oleh Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS).

“Sehingga tingkat kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara akan semakin meningkat, mengingat andalan pendapatan asli daerah Kota Sabang mengandalkan dari sektor pariwsata,” ujarnya. (*)

Pos terkait