Pelanggaran Protkes Terus Terjadi, DPRK Minta Satgas Covid-19 Gencarkan Sosialisasi

  • Whatsapp
Zulfikar Aziz, SE, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar,

ACEH BESAR – Walau Pemerintah Kabupaten Aceh Besar telah menerapkan Peraturan Bupati (Perbup) Aceh Besar Nomor 24 Tahun 2020, tentang pedoman pencegahan Covid-1i9, namun pelanggaran protokol kesehatan masih terus terjadi.

Sosialisasi penertiban hingga razia yang dilakukan, belum membuat masyarakat mematuhi protokol kesehatan (protkes).

Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Zulfikar Aziz, SE menilai, kesadaran masyarakat dalam menerapkan protkes mencegah penyebaran Covid-19 masih sangat rendah, khususnya keharusan memakai masker.

“Dijalan, warung kopi, pasar dan sejumlah pusat keramaian, masih kita lihat banyak warga tidak mengenakan masker dan tidak menjaga jarak,” kata Zulfikar.

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya melaksanakan protkes harus digencarkan. Agar masyarakat menyadari  dan ikut berperan menjaga kesehatan diri, keluarga dan orang sekitar dari penyebaran virus Corona.

“Masih ada sebagian warga yang sepertinya tidak percaya akan adanya virus corona, padahal virus coronaini nyata dan ada. Disinilah pentingnya sosialisasi dan edukasi digencarkan,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, sosialisasi pencegahan Covid-19 juga harus disampaikan hingga ke pelosok desa, guna mendeteksi dan mencegah wabah pandemi ini meluas di Kabupaten Aceh Besar.

“Dibutuhkan upaya lebih dari sebelumnya baik oleh Satgas Covid-19 dan semua pihak terkait penanganan Covid-19, untuk memberi pemahaman dan pelayanan kesehatan ke seluruh lapisan masyarakat,” demikian Zulfikar Azis.(*)

Pos terkait