Pembukaan Pameran “Piyoh-Piyoh” dan Festival Ditandai Penabuhan Rapai Pase

  • Whatsapp
Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata Poppy Savitri (pertama kiri), Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib (pertama kanan) bersama unsur Forkompimda menabuh rapa'i pada pembukaan Pameran dan Festival Kreatif, Seni Budaya di Lhoksukon, Aceh Utara, Aceh, Jumat (1/11). Foto: Rahmat Mirza/Kanalinspirasi.com

ACEH UTARA – Pembukaan pameran “Piyoh-piyoh” dan Festival Kreatif, Seni, serta Adat Budaya Aceh Utara resmi dibuka oleh Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Poppy Savitri didampingi Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib.

Pembukaan acara ini berlangsung di Lapangan Upacara Lhoksukon, Jumat (1/11) ditandai penabuhan Rapai Pase oleh Poppy Savitri dan unsur Forkopimda Aceh Utara.

Bacaan Lainnya

Berbagai produk dari 27 Kecamatan di Aceh Utara juga itu ditampilkan dalam acara ini. Pameran “piyoh-piyoh” dan festival ini di gelar selama tiga hari yakni, 1-3 November 2019.

Suasana Pameran “Piyoh-piyoh” dan Festival kerjasama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Aceh Utara dengan Kemenparekraf dan Tim Inovatif dan Kreatif Kolaborasi Nusantara (IKKON) selama tiga hari 1-3 November 2019 dalam rangka mepromosikan produk unggulan kreatif Aceh. Kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

Sebagian besar produk yang ditampilkan tersebut adalah binaan dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah Aceh Utara, yang diketuai Cut Ratna Irawati.

Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib akrap disapa Cek Mad, menilai Piyoh – Piyoh Festival ini memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian Kabupaten Aceh Utara. Saat ini, sedang berjuang dibidang seni pertunjukan di tingkat dunia sehingga seniman seperti seudati dan rapai pase, bisa hidup dari profesinya. Aceh Utara bukan hanya tentang rapai geleng, ale tunjang, sendratari dan lainnya.

Selain itu kedatangan anak muda untuk menggali potensi industri kreatif bakal meningkatkan nilai tambah produk. Maka untuk pengembangan industri kreatif lokal, ada satu produk yang tak ada di daerah lain.

“Kepada peserta IKKON 2019 mempromosikan kuliner yang khas dari Aceh Utara keluar daerah. Dengan Piyoh Piyoh Festival 2019 ini diharapkan akan melahirkan pengusaha kreatif, untuk di pasarkan keluar daerah, dan akan menjadi cenderamata bagi yang berkunjung ke Aceh Utara,” ujar Cek Mad.

Selain itu, Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Kemenparekraf Poppy Savitri mengatakan, pameran ini dipersiapkan dengan hati penuh keikhlasan, saya berharap dampaknya bermanfaat bagi pelaku usaha kreatif dan UKM di Aceh Utara,” kata Poppy.

Poppy juga berharap dengan didatangkannya 12 profesional muda di bidang ekonomi kreatif dan desain, maka dapat memberi warna baru dalam mendesain produk.

Saat pembukaan acara ini, Poppy hadir bersama rombongan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Pembukaan acara ini juga dihadiri unsur Forkopimda Aceh Utara, Pimpinan BUMN, serta ratusan masyarakat. (*)

Pos terkait