Pemko Sabang Apresiasi Bimtek dan Pembekalan Anggota Legislatif PA di Sabang

  • Whatsapp
wakil wali kota sabang

SABANG – Wakil Wali Kota Sabang, Drs. H.Suradji Junus mengapresiasi kegiatan Bimtek dan Pembekalan anggota DPRA dan DPRK se Aceh dari Partai Aceh di Kota Sabang, yang dianggap sebagai upaya dalam peningkatan kapasitas daya sebagai wakil rakyat.

“Kegiatan Bimtek dan pembekalan ini kami pandang sebagai upaya meningkatkan daya guna wakil rakyat dalam mengemban tugas pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Pernyataan itu disampaikan Drs. H. Suradji Junus dalam sambutan saat menghadiri acara pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pembekalan kepada anggota DPRA dan DPRK dari Partai Aceh se Aceh, yang di selenggarakan Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh, di Kota Sabang, Jumat (13/12).

Dia menyebutkan DPRA dan DPRK adalah lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai penyelenggara pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota, yang terdiri dari anggota partai politik yang dipilih melalui pemilihan umum.

“Fungsi utama anggota DPR yaitu sebagai perpanjangan tangan atau representasi rakyat dan sebagai penyelenggara pemerintah daerah,” ujarnya.

Oleh karenanya, bimtek dan pembekalan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keahlian, keterampilan dan sikap, untuk ke depan dapat melaksanakan tugas pemerintah daerah dengan baik.

Lebih lanjut Wakil Wali Kota juga mengatakan, secara profesional dan dilandasi dengan kepribadian dan etika sebagai anggota legislatif, maka kegiatan ini juga menciptakan anggota DPRA dan DPRK se Aceh dari Partai Aceh untuk mampu berperan sebagai unsur pemerintahan daerah, pembaharu, dan perekat kesatuan bangsa.

“Kami berharap pelaksanaan bimtek dan pembekalan ini dapat mewujudkan sinergi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan daerah,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Partai Aceh, H Muzakir Manaf atau Mualem mengatakan, terpilihnya Kota Sabang sebagai lokasi pelaksanaan Bimbingan Teknis Pembekalan Anggota DRPA dan DPRK periode 2019-2024 bukan karena Sabang ini daerah wisata dan lainnya.

Akan tetapi Sabang merupakan daerah tingkat II yang mempu merebut kursi terbanyak dari Partai Aceh, dimana sejak berdirinya Partai Aceh ke parlemen, Partai Aceh Kota Sabang yang awalnya hanya 4 kursi, pada periode berikutnya bertambah menjadi 7 kursi dan pada pemilihan Legeslatif tahun 2019, Partai Aceh Kota Sabang mampu meraih 11 kursi dari 20 kusi yang ada di DPRK Sabang.

“Daerah lain harus belajar dan mencontohkan Sabang, bagaimana menjaring suara rakyat dalam pelaksanaan Pemilihan Umum baik Pemilihan Kepala Daerah maupun Pemilihan Legeslatif, sehingga Wali Kota Sabang yang dijabat oleh Ketua Partai Aceh dan parlemennya juga dikuasa Partai Aceh,” sebutnya.

Pada Bimtek tersebut diikuti 137 orang yang terdiri dari para anggota dewan Partai Aceh dan para panitia kegiatan yang juga pengurus Partai Aceh. Bimtek ini digelar selama tiga hari, dari tanggal 13 hingga 15 Desember 2019. (*)

Pos terkait