Penghuni Pergi Tahlilan, Rumah Warga Reuleung Karing Ludes Terbakar

  • Whatsapp
kebakaran gampong reuleung
Rumah milik Kausar (47), warga gampong Reuleung Karing, Kecamatan Kuta Malaka, ludes terbakar, pada Jumat (7/6) malam. Foto: Istimewa

ACEH BESAR – Musibah kebakaran dalam suasana Lebaran Idul Fitri kembali terjadi di Aceh Besar. Satu unit rumah milik Kausar (47), warga gampong Reuleung Karing, Kecamatan Kuta Malaka, ludes terbakar, pada Jumat (7/6) malam.

Kebakaran terjadi sekira pukul 20.05 WIB, saat seluruh penghuni sedang mengikuti Tahlilan di Meunasah gampong, usai shalat Magrib.

Bacaan Lainnya

Kontruksi bangunan yang merupakan rumah panggung semi permanen, membuat api dengan cepat melahap seluruh bagian kayu yang mudah terbakar. Api juga sempat menjalar ke dua rumah lain milik Fadhli (35) dan Nurmala (65) yang berdampingan dengan rumah Kausar.

Mendapat informasi, BPBD Aceh Besar melaui pos induk Sibreh mengerahkan lima unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman. Api berhasil dipadamkan dan dilakukan upaya pendinginan sekitar pukul 22.00 WIB.

“Api sangat cepat membesar dan menghanguskan seluruh bangunan rumah panggung. Beruntung api dapat dicegah menjalar ke dua rumah lain, yang mengalami kerusakan ringan,’’ jelas Kalak BPBD Aceh Besar, Farhan AP saat dikonfirmasi Kanalinspirasi.com.

Proses pemadaman turut dibantu personil TNI dari koramil dan petugas polsek setempat, relawan RAPI serta warga masyarakat.

Penyebab kebakaran masih dalam penanganan pihak berwajib, dengan dugaan sementara akibat korsleting arus listrik. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Atas musibah ini, keluarga Kausar harus tinggal dalam tenda darurat di halaman rumah, serta mendapatkan bantuan logistik masa panik dari Dinas Sosial kabupaten Aceh Besar. (*)

Pos terkait