Pengungsi Rohingya Belum Diizinkan Turun ke Daratan

  • Whatsapp
Foto drone ini menunjukkan sebuah kapal yang membawa Muslim etnik-Rohingya, yang terdampar di Pantai Lancok Bayu, Aceh Utara, Rabu (25/6/2020). Mereka ditemukan sekitar 4 mil di lepas pantai Aceh. Kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

ACEH UTARA – Sebanyak 94 pengungsi Rohingya dari Myanmar yang diselamatkan Nelayan Aceh Utara, mereka belum dibolehkan turun ke daratan  dan masih bertahan di kapal sekitar satu mil dari Pantai Lancok Bayu, Aceh Utara,” kata Panglima Laot Aceh Utara M Hasan kepada awak media, Kamis (25/6).

Pihak kepolisian dan TNI saat ini masih berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait keberadaan Rohingya. Hasan mengaku belum mengetahui kapan ‘manusia perahu’ tersebut dievakuasi ke daratan.

Bacaan Lainnya

“Kita tunggu dulu nanti bagaimana aturannya. Sekarang masih menunggu koordinasi dengan UNHCR. Baru nanti diputuskan mereka dibawa ke mana,” jelas Panglima Laot.

Seperti diketahui, puluhan warga Rohingya diselamatkan nelayan dari perairan Aceh Utara. Mereka diduga terkatung-katung di laut setelah kapal yang mereka tumpangi rusak. “Kapal KM Nelayan 2017.811 yang mengangkut para imigran Rohingya dari Myanmar mengalami kerusakan di lokasi lebih-kurang 4 mil dari pesisir Pantai Seunuddon, Aceh Utara, Rabu (24/6).

Berdasarkan laporan awal, jumlah warga Rohingya yang diselamatkan terdiri dari 15 laki-laki dewasa, 49 perempuan, dan 30 anak-anak. []

 

Pos terkait