Perangi Corona, Ethiopia Kumpulkan Pejuang Teknologi

  • Whatsapp
virus corona baru washington dc
Tenaga medis bekerja di tenda dan bangunan darurat yang dibuat untuk membantu sistem perawatan kesehatan di kawasan rumah sakit di Brescia, Italia, Jumat (13/3/2020). Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di Italia cukup signifikan dengan pertumbuhan jumlah kematian pasien yang mencapai 14 persen. Foto : Bloomberg

WASHINGTON – Perusahaan pengemban piranti lunak yang berbasis di Washington DC berupaya merekrut para teknisi lain untuk mengatasi penyebaran virus corona di Ethiopia.

Langkah itu menyusul jejak negara lain seperti China dan Korea Selatan yang berpengalaman lebih dulu dalam menghadapi penyakit yang kini menjadi pandemi global.

Bacaan Lainnya

“Kita perlu banyak relawan teknologi untuk membantu Kementerian Kesehatan Ethiopia mengumpulkan, menganalisa dan melaporkan kepada instansi itu agar kita bisa membantu mereka ketika diperlukan,” tulis Mike Endale.

Baca Juga : Terlular Corona, Dokter RS Premiere Bintaro Meninggal Dunia

“Semakin baik sistem pengumpulan data, analisis, pelaporan, maka semakin baik pula responnya dan akan lebih efektif pula strategi mitigasinya.”

Sejak dia mulai merekrut Selasa (17/3) di media sosial, Endale telah menyusun lebih dari 500 relawan dengan berbagai keahlian dalam programming piranti lunak, manajemen proyek, desain dan lebih banyak lagi, tuturnya seperti dilansir dari VOA.

Ketika itu, sembilan kasus virus corona yang menyebabkan COVID-19, telah dikonfirmasi tapi tidak ada kematian yang dilaporkan di negara Tanduk Afrika itu.

Kemiskinan dan konflik bersenjata yang menyebabkan banyak orang mengungsi, telah memperlemah jaringan keselamatan kesehatan di negara paling padat kedua di Afrika yang berpenduduk 114 juta orang itu.

Pos terkait