Pernah Direbut Iran, Kapal Tanker Inggris Mulai Dikawal Kapal Perang

  • Whatsapp
kapal tanker inggris melintasi selat hormuz
Kapal perang Angkatan Laut Inggris mulai memberikan pengawalan kepada kapal tanker yang melewati Selat Hormuz. Foto: Ist

LONDON – Angkatan Laut Inggris mulai mengawal kapal-kapal yang melintasi Selat Hormuz. Tindakan ini dilakukan setelah sebuah kapal tanker berbendera Inggris disita oleh Garda Revolusi Iran (IRGC) beberapa waktu lalu.

“Angkatan Laut Kerajaan telah ditugasi untuk menemani kapal-kapal berbendera Inggris melalui Selat Hormuz, baik secara individu atau dalam kelompok, seandainya ada pemberitahuan yang cukup tentang perjalanan mereka,” bunyi pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Pertahanan Inggris seperti dikutip dari The Washington Post, Jumat (26/7). (Baca Juga: Kapal Tanker Minyak Inggris Dirampas Iran, Ini Reaksi AS)

Bacaan Lainnya

Mengutip sumber-sumber industri pelayaran, kantor berita Inggris Sky News melaporkan kapal fregat tipe 23 HMS Montrose menjadi kapal Angkatan Laut Inggris pertama yang menawarkan pengawalan di jalur sempit.

Pada 19 Juli lalu sebuah kapal tanker berbendera Inggris, Stena Impero, disita oleh IRGC saat melewati Selat Hormuz. Iran mengklaim Stena Impero menggunakan jalur yang salah melalui selat dan telah mematikan sinyalnya lebih lama dari yang diizinkan.

Namun, penyitaan itu secara luas ditafsirkan sebagai tanggapan terhadap aksi marinir Inggris yang ambil bagian dalam penyitaan sebuah kapal tanker berbendera Iran di dekat Gibraltar, wilayah luar negeri Inggris.

Inggris mengatakan mengirim Marinir Kerajaan untuk naik dan mengambil kendali kapal tanker Grace 1 karena diduga mengangkut minyak ke Suriah. Tindakan ini dianggap telah melanggar sanksi Uni Eropa yang menargetkan pemerintah Suriah.

Pos terkait