Pertahankan Adat dan Tradisi, Warga Punge Blang Cut Gelar Buka Puasa Bersama

  • Whatsapp

BANDA ACEH – Ratusan Warga Gampong Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru, melaksanakan iftar atau buka puasa bersama, Ahad (25/4/2021) di Masjid Subulussalam, dekat situs Tsunami Kapal PLTD Apung.

Sejak usai Ashar, warga dari lima dusun di gampong tersebut mulai mengantar hidangan ke Masjid. Panitia menyusun menata kelompok hidangan di lantai atas, lantai bawah hingga teras masjid.

Bacaan Lainnya

Dari keterangan Keuchik Punge Blang Cut, Armaya Surya, pelaksanaan buka puasa bersama ini merupakan hasil kesepakatan bersama perangkat gampong, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan masyarakat, untuk tetap melaksanakan buka puasa bersama di bulan Ramadhan 1442 H ini.

“Buka Puasa Bersama ini merupakan adat istiadat di Punge Blang Cut dan tradisi yang tiap tahun kita laksanakan, dan masyarakat sepakat tahun ini tetap diadakan,” sebutnya.

Armaya menjelaskan, walau masih dalam masa pandemi Covid, namun antusias masyarakat sangat tinggi menginginkan untuk menggelar buka puasa bersama.

“Kami tetap mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol.kesehatan,” lanjutnya.

Namun pada kegiatan buka puasa Ramadhan tahun ini, Armaya menyebut pihaknya tidak mengundang warga gampong tetangga, muspika maupun unsur pemerintah kota.

“Kita hanya menggelar buka puasa untuk warga gampong Punge Blang Cut,” sebutnya.

Acara buka puasa ini dihadiri masyarakat gampong termasuk anak-anak, dan santri dayah di gampong tersebut.

“Semoga buka puasa ini membawa berkah, sekaligus kita berdoa agar pandemi berakhir dan masyarakat dapat kembali melaksanakan ibadah dengan nyaman,” pungkasnya

 

Pos terkait