Peserta Bimtek Diskop UKM Aceh Kunjungi Usaha Laundry di Banda Aceh

  • Bagikan
Pejabat pelaksana kegiatan Diskop UKM Aceh, Abdah Syahdan mendampingi peserta Bimtek kunjungi usaha laundry di Banda Aceh, Jumat 24 Juni 2022

Kanalinspirasi.com, BANDA ACEH – Para wirasausaha pemula yang menjadi peserta bimbingan teknis (Bimtek) membuka usaha laundry yang digelar Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh, mengunjungi salahsatu usaha laundry di Kota Banda Aceh, Jumat 24 Juni 2022.

Para peserta dibimbing langsung oleh pejabat pelaksana kegiatan Diskop UKM Aceh, Abdah Syahdan,S.STP sebagai panitia penyelenggara kegiatan bimtek.

Peserta yang mengikuti bimtek membuka usaha laundry mengunjungi Mak Mia Laundry di kawasan Lam Lagang Banda Aceh.

Di tempat ini para peserta mempelajari berbagai tahapan mendirikan usaha laundry, menjalankan mesin dan manajemen, hingga trik mempromosikan dan mencari pelanggan.

Nilawati, salahseorang peserta bimtek dari Gampong Ulee Kareng Kota Banda Aceh, mengaku sangat banyak mendapat ilmu dari rangkaian kegiatan bimtek yang diikuti.

Terutama dengan kunjungan ke usaha laundry yang sudah berjalan ini, dirinya mengetahui banyak hal tentang cara menjalankan bisnis mencuci pakaian ini.

“Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan, seperti cara  menjalankan mesin, kemudian mencuci pakaian sesuai kapasitas mesin, jenis deterjen dan pewangi,melipat dan menggosok pakaian, hingga tahap packing yang ternyata tidak boleh sembarangan dilakukan,” kata Nilawati.

Nilawati, peserta Bimtek usaha laundry Diskop UKM Aceh

Menurut Nilawati, setelah mengikuti bimtek dan melihat usaha yang sudah berjalan, untuk memulai bisnis laundry tidak terlalu sulit.

“Ternyata untuk memulai bisnis laundry ini tidak terlalu sulit, jika didorong ada niat dan keinginan dari pelaku UMKM untuk menjalankan usaha ini,” lanjutnya.

Walaupun untuk langkah awal membuka usaha laundry, kata Nilawati, membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun bisnis ini cukup menjanjikan di jaman sekarang.

“Memang untuk usaha laundry membutuhkan modal besar, namun bisnis ini sedang booming dan sangat diminati, serta penghasilannya menjanjikan. Karena usaha ini adalah kebutuhan masyarakat kita yang sekarang sibuk dengan berbagai aktifitas, sehingga tidak sempat mencuci dan usaha laudry menjadi solusinya,” katanya.

Selain itu, lanjut Nilawati, usaha laundry bisa dijalankan sebagai bisnis sampingan di rumah, jika memiliki lahan atau tempat yang memadai, didukung ketersediaan air dan listrik.

“Kami sangat berterima kasih kepada Diskop UKM Aceh yang telah memberi bimbingan teknis bagi kami, sehingga kami mendapat banyak ilmu dan trik sehingga lebih optimis dan yakin untuk memulai usaha laundry,” kata Nilawati.(adv)

  • Bagikan