Peserta Ijtima Dunia di Gowa Asal Jambi Positif Covid-19

  • Whatsapp
Seorang warga Kota Jambi positif virus corona usai mengikuti Ijtima Dunia di Gowa, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. Ilustrasi. Foto : ANTARA

JAMBI – Seorang warga Kota Jambi positif terinfeksi virus corona (Covid-19) usai pulang mengikuti Ijtima Dunia, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Pasien diketahui positif virus corona setelah dilakukan tes swab polymerase chain reaction (PCR).

“Jadi ada dua orang yang pulang dari Sulawesi Selatan yang mengalami gejala Covid-19. Satu sudah dinyatakan positif, satu lagi masih menunggu hasil swab test,” kata Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, Rabu (15/4).

Bacaan Lainnya

Fasha mengatakan pihaknya menelusuri 27 orang warga lainnya yang ikut berangkat ke Gowa, beberapa waktu lalu. Selain itu, istri pasien juga diperiksa dan berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

“Istri pasien 01 KJ juga sedang menunggu hasil swab test,” ujarnya.

Pasien positif virus corona itu saat ini dirawat di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi. Sementara istrinya menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Kota Jambi.

Fasha mengatakan pasien positif virus corona itu secara klinis tidak mengalami flu, batuk dan sesak napas. Namun, dari hasil rontgen, paru-paru pasien masih menunjukan gejala Covid-19.

Lebih lanjut, Fasha meminta masyarakat yang ikut Ijtima Dunia di Gowa untuk segera melaporkan diri. Selain itu, masyarakat yang melakukan kontak langsung dengan pasien juga diminta untuk memeriksakan kesehatan.

“Segera melaporkan kepada kami, supaya kami bisa memeriksa dan melakukan pengawasan serta pengobatan. Jangan sampai merahasiakan diri, anda membahayakan keluarga dan lingkungan. Kalau anda sayang keluarga, cepat melaporkan diri,” katanya.

Fasha kembali mengimbau masyarakat mematuhi aturan agar tidak berkumpul selama tanggap darurat virus corona. Selain itu, masyarakat wajib menggunakan masker dalam menjalankan aktivitas.

“Kemungkinan bertambah ada. Makanya kita lebih berhati-hati,” ujarnya.

Sampai hari ini, jumlah pasien positif virus corona seluruh Indonesia mencapai 5.136 orang. Dari jumlah itu 469 orang meninggal dan 446 dinyatakan sembuh. Sementara pasien positif virus corona di Jambi sebanyak 6 orang.

Pos terkait