Pesona Alam di Abdya Potensi Ekonomi atau Ancaman bagi Lingkungan Hidup

  • Whatsapp
Foto: Doc Pri

KANALINSPIRASI.COM – Kontur alam di sepanjang jalur lintas barat selatan mulai dari Lhoknga di Aceh Besar hingga Tapaktuan di Aceh Selatan sepanjang lebih dari 400km merupakan kawasan yang diapit oleh pantai dan pegunungan.

Kondisi demikian jika dilihat dari sudut pandang potensi pariwisata tentu merupakan kawasan yang sangat eksotis dan dapat menjadi sumber daya yang bisa menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitarnya.

Salahsatu kawasan yang dilintasi adalah wilayah Aceh Barat Daya (Abdya) yang sebaran penduduknya berada di antara garis pantai dan pegunungan.

Tentu saja letak geografis yang demikian memberikan tawaran yang menarik untuk dikunjungi sebagai wisata alam yang menarik dimana posisi gunung yang tidak terlalu terjal tentunya mudah untuk dijangkau sementara banyak titik yang dilalui oleh aliran sungai yang sudah pasti banyak ditemukan air terjun.

Salahsatu adalah ceuraceu yang berada di Gampong Drienbeurumbang, Kecamatan Kuala Batee yang oleh masyarakat dikenal dengan air terjun bertingkat hingga tujuh tahapan. Suasana alam yang masih asri dengan gemericik air diselingi kicauan burung yang terbang bebas serta aliran air jernih yang melintasi bebatuan yang diselimuti permadani lumut hijau.

Namun demikian, dari sekian banyak spot wisata alam yang tersebar tersebut bisa dikatakan tidak ada yang dikelola secara profesional sehingga menjadi tujuan utama para pelancong dan menjadi inkam bagi pemerintah setempat. Tidak ada pergerakan roda ekonomi yang dihasilkan, orang yang berkunjung pun hanya sekedarnya.

Kondisi demikian bisa jadi sebagai upaya melindungi alam untuk menghindari eksploitasi agar kondisi lingkungan tetap terjaga tanpa jamahan tangan-tangan jahil. Karena terkadang obyek wisata seperti ini juga kerap dijadikan tempat mesum oleh orang yang tipis keimanannya, atau tumbuhan yang liar dirusak demi kepuasan orang yang iseng.

Namun sebaliknya bisa menjadi potensi yang luar biasa jika keindahan alam tersebut dikelola dengan baik dan mempertimbangkan berbagai aspek seperti ekosistem, lingkungan hidup, sumberdaya manusia, kearifan lokal dan dampak sosial agar alam yang asri bisa memberikan hasil positif bagi kehidupan secara berkelanjutan.

Tentu perlu kajian yang komprehensif dan langkah nyata jika sumber daya alam ingin sinergi dengan sumberdaya manusianya.

PENULIS: Wahyu MK
EDITOR: Tim Redaksi

Pos terkait