Pj Walikota Banda Aceh Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran

  • Bagikan

Kanalinspirasi.com, Banda Aceh | Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran dua unit kios dan satu panglong di Gampong Lambhuk, Senin (21/11/2022).

Bakri Siddiq datang mengunjungi korban bersama Ketua DPRK Farid Nyak Umar, Kepala Dinsos Arie Maula Kafka, Kabag Isra Fahrul Razi, Kabag Prokopim Aulia Rachmana Putra, dan Kepala Sekretariat Baitul Mal Wahyudi.

Bukan hanya sekedar berkunjung dan menyerahkan bantuan, Bakri Siddiq juga berkesempatan menyemangati para korban.

Katanya, musibah merupakan ujian dari Allah SWT dan bisa terjadi kepada siapapun. “Namun yang paling penting adalah bagaimana kita mampu menerima bencana tersebut yang semata-mata merupakan ujian dari sang kuasa.”

Usai meninjau bangunan yang telah hangus terbakar, Bakri Siddiq dan Farid Nyak Umar menyerahkan bantuan kepada korban. Ia memberikan sejumlah bantuan berupa bahan pokok seperti beras, gula, telur, lauk pauk cepat saji, teh celup, hingga mie instan.

Diberikan juga peralatan dapur berupa satu set kompor, kuali, dandang, piring, gelas hingga sendok.

Peralatan sekolah juga diberikan oleh Pj Wali Kota untuk kebutuhan pendidikan anak korban, yakni berupa paket sekolah yang terdiri dari baju sekolah, tas, buku, pulpen, pensil, dan penggaris.

Tidak lupa kebutuhan sandang berupa baju, pakaian dalam anak, pakaian dalam dewasa, handuk, daster dan kain sarung. Untuk kebutuhan ibadah, Bakri Siddiq menyerahkan baju koko, mukena anak, dan mukena dewasa. Pj Wali Kota berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan oleh para korban sebaik mungkin.

Ia kemudian berpesan kepada para korban agar senantiasa selalu hati-hati dan waspada saat meninggalkan rumah. Ia mengingatkan untuk selalu memeriksa kompor jika hendak meninggalkan rumah, termasuk juga selalu mematikan alat-alat listrik ketika sudah tidak digunakan lagi.

“Kita imbau agar hati-hati ya, saat tinggalkan rumah lihat kompor apakah sudah dimatikan, ini terutama bagi ibu-ibu ya. Kemudian alat-alat listrik dimatikan saja jika sudah tidak digunakan. Semua ini memang sudah takdir, tapi kita juga alangkah bagusnya selalu berhati-hati,” pesan Bakri Siddiq.

Ditambahkannya, begitu mendengar ada laporan kebakaran, ia segera memerintahkan Pemadam Kebakaran dan Dinsos mengambil langkah-langkah cepat untuk penanganan.
“Setelah api berhasil dipadamkan, saya perintahkan Dinsos turun ke sini, kemarin mereka sudah ke sini. Hari ini saya juga ingin lihat langsung,” tambah pj wali kota.

Sementara itu, Farid Nyak Umar menyampaikan simpati atas musibah kebakaran yang terjadi di Lambhuk.

Kemudian ia mengimbau warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, “Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) juga selalu harus waspada. Artinya ketika ada panggilan pertolongan kebakaran selalu siap.”

“Dan Alhamdulillah selama ini, kita lihat Dinas Pemadam kita sangat sigap. Tentu kita tidak ingin adanya musibah, tapi ketika terjadi kita siap lakukan upaya-upaya membantu dan mencegah kebakaran yang berulangkali,” tutup Farid.

Sebagaimana diketahui, musibah kebakaran terjadi di Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng, Sabtu (19/11/2022) sekira pukul 23.10 WIB. Berdasarkan data dari DPKP Kota Banda Aceh, kebakaran tersebut menghanguskan kios milik Ibrahim (60) dan Junaidi (45). Sedangkan usaha panglong kayu merupakan milik Saiful Bahri (50).

DPKP Banda Aceh dibantu Pemadam Aceh Besar, TNI/POLRI dan petugas PLN berhasil memadamkan dipadamkan dan pendinginan sekira pukul 23.50 WIB malam tersebut. []

  • Bagikan