PMI Kota Banda Aceh Sosialisasi Kesiapsiagaan Polio

  • Bagikan
Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan, Sosial dan Pelayanan Darah/UUD PMI Kota Banda Aceh, dr Natalina Christanto memberikan materi terkait kesiapsiagaan polio di Kota Banda Aceh di Hotel Grand Aceh, Rabu (30/3/2022). foto; POS ACEH

Kanalinspirasi.com, BANDA ACEH – Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Banda Aceh bersama Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh mensosialisasikan kesiapsiagaan polio di Kota Banda Aceh, kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Aceh, Rabu (30/3/2022).

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan, Sosial dan Pelayanan Darah/UUD PMI Kota Banda Aceh, dr Natalina Christanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan imunisasi bayi, menurutnya, sebelum pandemi Covid-19 melanda, bayi-bayi di Kota Banda Aceh mendapatkan imunisasi dasar lengkap, namun sejak pandemi melanda, capaian tersebut menurun.

“Sebenarnya ini yang kita sayangkan, karena sebelumnya bayi-bayi mendapatkan imunisasi secara lengkap, namun saat ini turun drastis,” katanya.

Ia menyayangkan, ketidak pahaman warga Kota Banda Aceh terkait dengan bahayanya penyakit polio, karena efek polio tersebut menyebabkan kelumpuhan dan tidak ada obatnya.

“Sering sekali saat kita laksanakan imunisasi warga menolak, karena berbarengan dengan vaksinasi Covid-19, padahal ini berbeda, namun banyak warga yang belum paham,” sesal Natalina.

Ia menegaskan, imunisasi polio itu berbeda dengan vaksin Covid-19, ia menambahkan, sebelum pandemi, bayi sudah harus diberikan imunisasi dasar namun saat vaksinasi Covid-19 digalakkan warga jadi takut.

“Ini yang disayangkan karena warga jadi takut, jangan sampai kita fokus pada satu penyakit, namun lupa akan penyakit yang jauh lebih bahaya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Survailen Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, trend imunisasi polio di Banda Aceh sejak Covid-19 menurun, namun Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh akan tetap mengupayakan imunisasi polio meningkat 90persen.

“Memang trend kita menurun sampai 45persen, padahal dulu capaian kita sampai 90persen, dengan sosialisasi ini kami mendapat banyak masukan, mudah-mudahan ini menjadi langkah yang baik,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan