Polresta Banda Aceh Amankan 12 Tersangka & 16 Barang Bukti

  • Whatsapp
operasi sikat rencong 2019
Kapolresta Banda Aceh Kombes Trisno Riyanto Sik. Foto: Dok. Kanalinspirasi

BANDA ACEH – Personel Sat Reskrim Polresta Banda Aceh selama Operasi Sikat Rencong 2019 yang digelar sejak 1 Agustus hingga 20 Agustus 2019 berhasil mengamankan 12 tersangka dan 16 Barang Bukti berupa sepeda motor.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto, SH didampingi Kasat Reskrim AKP M. Taufiq, SIK dan Kanit Ranmor Iptu Bambang Juniato dan Kanit Jatanras Ipda Krisna Nanda Aufal, S.TrK mengatakan selain mengamankan para tersangka, kita juga mengamankan barang bukti dari berbagai wilayah, baik Banda Aceh, Pidie, Tamiang, dan Medan.

Bacaan Lainnya

“Dari 17 belas laporan polisi dari berbagai Polsek di wilayah hukum Polresta Banda Aceh, kita berhasil mengamankan 12 tersangka baik di dalam Provinsi Aceh, maupun di luar provinsi Aceh dan 16 sepeda motor” kata Kapolresta Banda Aceh.

Kami juga menemukan sepeda motor tanpa dilengkapi surat kepemilikan disaat pengendara sedang melakukan balapan liar di kawasan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Para tersangka dengan berbagai modus dalam melakukan aksinya kejahatannya diantaranya menggunakan kunci T hingga merusak kunci sepeda motor dan untuk penjualan hasil pencurian sampai keluar Kota Banda Aceh. Tidak ada kelompok khusus yang melakukan kejahatan ini, namun masih dilakukan secara person, kata Kapolresta Banda Aceh.

“Pelaku pencurian sepeda motor selalu bergerak, pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya, sehingga membutuhkan waktu untuk dilakukan penangkapan oleh para personel, namun personel tetap bekerja hingga mendapatkan hasil yang maksimal” tambah Trisno Riyanto.

“Banyak sepeda motor tertinggal kunci di sepmornya hingga memudahkan para pelaku curanmor dalam melancarkan aksinya, ada juga yang meletakkan STNK di jok kenderaan bermotor, kami mohon kepada para masyarakat, agar tetap menggunakan kunci tambahan serta bagi pemilik kenderaan yang hilang, dapat dilihat di Polresta Banda Aceh dengan membawa surat kepemilikan,” himbau Kapolresta.

Adapun para tersangka sebanyak 12 orang berhasil diamankan diantaranya , S alias Jawa dan AP diamankan di desa Kajhu, Aceh Besar, DJ alias Jack diamankan di Kota Medan, M diamankan di Aceh Tamiang. Kemudian FK diamankan di RSUZA Banda Aceh, A alias Ipan, H , M, A diamankan di Pidie.

Sementara yang terakhir berhasil di ungkap oleh Satuan Reserse Kriminal Polresta Banda Aceh menjelang detik-detik berakhir operasi sikat rencong 2019 ada dua tersangka, yakni EPR berhasil diamankan di Kota Medan (16/8/2019) dan RN di Polres Pidie (20/8/2019). Namun untuk saat ini tersangka RN saat ini sedang dilakukan pengebangan terhadap kejahatan yang ia lakukan oleh Sat Reskrim Polres Pidie.

Para tersangka melanggar Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman diatas lima tahun kurungan penjara, pungkas Kapolresta Banda Aceh.(*)

Pos terkait