Prajurit Kipan B Yonko 469 Paskhas Lhokseumawe Latihan Menembak Senjata Serbu Baru

  • Whatsapp
Prajurit Kipan B Yonko 469 Paskhas Lhokseumawe, gelar latihan menembak di lapangan Pasopati Satradar 231 Lhokseumawe, Rabu (10/3/2021). Kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

LHOKSEUMAWE – Prajurit Kipan B Yonko 469 Paskhas Lhokseumawe, gelar latihan menembak di lapangan Pasopati Satradar 231 Lhokseumawe, Rabu (10/3/2021).

Prajurit Paskhas TNI AU adalah pasukan (khusus) yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Puluhan prajurit melaksanakan latihan menembak senapan laras panjang diperuntukkan bagi Bintara dan Tamtama.

Kegiatan tersebut dalam rangka memelihara serta meningkatkan kemampuan menembak bagi para prajurit Kipan B Yonko 469 Paskhas yang merupakan kemampuan dasar sebagai seorang prajurit yang memiliki kualifikasi Para Komando.

Latihan menembak ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Triwulan.

Keahlian menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap prajurit guna mendukung tantangan tugas dimasa depan.

Latihan menembak ini menggunakan senapan laras panjang SS-1 V 2 dengan 3 sikap (tiarap, jongkok dan berdiri).

Dalam latihan menembak tetap mengikuti protokol kesehatan dan aturan- aturan maupun protap dengan harapan seorang prajurit lebih mendalami dan memahami lagi tentang tehnik menembak serta mengukur kemampuan setiap individu.

Sebelum dimulai pelatih mengingatkan personel tentang safety untuk keamanan selama latihan. Yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan, latihan ini bertujuan untuk melatih personel menembak gerak cepat dan mengendalikan lawan dari jarak jauh maupun dekat.

Prajurit Kipan B Yonko 469 Paskhas Lhokseumawe, gelar latihan menembak di lapangan Pasopati Satradar 231 Lhokseumawe, Rabu (10/3/2021). Kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

Komandan Kompi Senapan B Yonko 469 Paskhas, Kapten Pas Agil G Gumilar SSTHan menjelaskan Latihan hari ini sebagai latihan perorangan tembak tempur yaitu defensive dan ofensif.

“Ada dua jenis senjata serbu baru yang kita miliki saat ini yaitu H K 636 CV, Kal, 5,56 MMx45 85-031229 buatan German dan HK G 36 CV Kal 5,56mm x45 SIG 516 Kal 5,56 mm x 45,” kata Kapten Pas Agil G Gumilar.

Ditambahkannya, prajurit Paskhas harus melatih kemampuan menembak supaya bisa memelihara kemampuan agar siap bila ada operasi yang diberikan oleh Komando atas, dan latihan ini dilaksanakan dengan bertahap bertingkat dan berkesinambungan. []

Pos terkait