Presiden Honduras Positif Covid-19

  • Whatsapp
Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez adalah pemimpin dunia terbaru yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Foto : The National

TEGUCIGALPA – Presiden Honduras, Juan Orlando Hernandez adalah pemimpin dunia terbaru yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa malam, Hernandez mengumumkan bahwa ia mulai merasa sakit selama akhir pekan dan menerima diagnosisnya kemarin. Istrinya, Ana Garcia de Hernandez, dan dua pembantu presiden juga dinyatakan positif.

Bacaan Lainnya

Hernández, yang berusia 51 tahun, mengatakan dia akan terus memimpin negara itu saat dalam isolasi mandiri. Ia menambahkan bahwa ia merasa cukup kekuatan dan energi untuk terus maju dan mengalahkan pandemi. Ibu negara, yang saat ini tidak menunjukkan gejala, juga mengisolasi diri.

“Hernandez sepanjang waktu telah mempertahankan langkah-langkah pencegahan yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan,” tetapi sifat pekerjaannya membuat sepenuhnya terisolasi dari yang lain,” bunyi pernyataan yang dirilis kantornya seperti dikutip dari Vox, Kamis (18/6).

Pernyataan itu juga mendesak warga Honduras untuk terus mengambil langkah-langkah pencegahan seperti menjaga jarak sosial dan memakai masker.

Hernandez telah memimpin Honduras sejak 2014 dan sejak itu, dia menjadi subyek kontroversi yang meluas. Ia telah menegaskan komitmennya untuk memerangi perdagangan narkoba, tetapi saudaranya dihukum karena kejahatan yang sebenarnya pada bulan Oktober dan Hernández telah dituduh sebagai kaki tangannya.

Hernandez juga menang tipis untuk periode keduanya di 2017 dalam pemilihan kontroversial di mana kedua kandidat menyatakan diri sebagai pemenang setelah penghitungan suara yang panjang dan kontroversial. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendukung kemenangan Hernandez meskipun ada protes di Honduras dan seruan politisi Amerika untuk pemilu ulang.

Diagnosis Hernandez muncul ketika kasus virus Corona melonjak di Amerika Latin, membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyatakan wilayah itu sebagai pusat epicentrum pandemi baru.

Honduras telah melaporkan hampir 10.000 total kasus dan lebih dari 300 kematian. Meskipun ada kekhawatiran tentang kapasitas sistem perawatan kesehatan negara itu, tempat-tempat usaha mulai dibuka kembali minggu lalu. Hernandez mengklaim bahwa ekonomi tidak dapat lagi menangani penutupan setelah bisnis tutup dan jam malam diberlakukan pada pertengahan Maret.

Hernandez adalah pemimpin dunia terbaru yang dinyatakan positif Corona. Ia adalah pemimpin pertama di Amerika Latin yang dinyatakan positif Covid-19.

Istri Hernandez juga bukan pasangan kepala negara pertama yang dites positif. Sophie Gregoire Trudeau, istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, dinyatakan positif Covid-19 pada bulan Maret dan pulih akhir bulan itu setelah mengisolasi diri.

Pos terkait