Presiden Jokowi Titip Dana APBD Otsus Rp 17 Triliun, Kemiskinan Aceh Masih Tinggi Capai 14%

  • Whatsapp
kenduri kebangsaan dana otsus di aceh
Dalam Sambutannya, Presiden Jokowi sangat mengapresiasi inisiatif digelarnya acara Kenduri Kebangsaan, di Bireuen, Aceh, Sabtu (22/2/20202), Jokowi memandang Aceh sebagai sebagai daerah berbudaya dinamis, penuh toleransi, menjunjung nilai-nilai keislaman dan memiliki sejarah kemaritiman yang Kuat. Kanal Isnpirasi/Rahmat Mirza

BIREUEN – Presiden Jokowi mempertanyakan pengelolaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dan dana Otonomi Khusus (Otsus) di Aceh.

“Penggunaan APBD saya titip ke Gubernur berserta Bupati dan Wali Kota agar bisa fokus, berikan perhatian lewat propram pengentasan kemiskinan. APBD Aceh mencapai Rp 9 triliun. Sedangkan dana Otsus jumlahnya sebesar Rp 8 triliun,” kata Jokowi di hadapan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan masyarakat Aceh yang hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan di Sekolah Sukma Bangsa, Bireuen, Aceh, Sabtu (22/2).

Bacaan Lainnya

Jokowi mengingatkan bahwa banyak provinsi yang tidak seberuntung Aceh karena tidak mendapatkan dana Otsus dan hanya memiliki APBD yang sangat kecil antara Rp6 triliun-7 triliun.

Dengan jumlah uang yang demikian besar, Jokowi meminta supaya pemda melakukan pengelolaan yang baik, bersih, dan akuntabel.

Jokowi menambahkan, angka kemiskinan di Aceh saat ini masih tergolong tinggi yaitu 14 persen. Dengan dukungan dana APBD dan otsus, Jokowi berharap masalah ini dapat ditekan.

Presiden Jokowi mengaku siap turun mendampingi untuk mengawal penggunaan dana-dana tersebut bagi masyarakat luas. Terutama, untuk upaya-upaya mengentaskan kemiskinan maupun program prioritas lainnya. (*)

Pos terkait