Qari-Qari’ah Aceh Besar Wakili RRI Banda Aceh di PTQ Nasional

  • Whatsapp

BANDA ACEH – Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) RRI Banda Aceh secara virtual telah usai digelar melalui aplikasi zoom sejak 13 hingga14 April 2021. Menghasilkan 6 peserta terbaik dari masing-masing cabang yang diperlombakan meliputi Tilawah, Tahfidz dan Tausiyah.

Kepala LPP RRI Banda Aceh Drs. Harianto M.Si saat menutup kegiatan PTQ menyampaikan terima kasih kepada para peserta, dewan hakim dan panitia penyelenggara (14/4/2021).

” Ajang PTQ dalam bulan suci Ramadhan ini pada dasarnya merupakan kompetisi mencari yang lebih baik dari yang terbaik,” katanya.

Ketua Dewan Hakim Drs Abd. Syukur M.Ag membacakan langsung surat keputusan pemenang dari setiap cabang perlombaan. Cabang Tilawah ditetapkan Qari terbaik I yang diraih oleh A. Muzayyinul’Asyir utusan Aceh Besar dengan nilai 96, sementara terbaik II diraih T. Syifa Albi dari Banda Aceh, dan terbaik III diraih Fausan Ummari Hasbi asal Aceh Besar.

Sedangkan Qari’ah terbaik I dengan nilai 95,05 atas Adila Lathifa utusan Aceh Besar, terbaik II diraih Hikmatun Nazila dari Banda Aceh dan terbaik III diraih Irma Muliani dari Aceh Besar.

Untuk Cabang Tahfidz, kategori Hafidz terbaik I dengan nilai 98,5 diraih oleh T. M. Syuhada utusan Aceh Besar, terbaik II M. Hafidz asal Aceh Besar, dan terbaik III Arfi Falaki S juga dari Aceh Besar.

Berikutnya kategori Hafidzah, terbaik I atas nama Lailatul Hikmah utusan Aceh Besar, terbaik II Iin Zakiratul Fadhilah dari Aceh Besar, dan terbaik III bernama Mauliza Juliantika asal kabupaten Pidie Jaya.

Cabang Tausiyah putra, terbaik I berhasil diraih Hariyadi asal Aceh Jaya dengan nilai 93, terbaik II At-Thahyat Nur dari Banda Aceh dan terbaik III bernama Rizki Ramadhana asal kabupaten Aceh Utara. Kategori putri, terbaik I dengan nilai 95 atas nama Maulidella, terbaik II Syarifah Humayra, dan terbaik III Elya Sukmawati. Ketiganya merupakan perwakilan dari Kabupaten Aceh Besar.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Seksi Programa 1 RRI Banda Aceh, Suriana, S.Sos menjelaskan, pemenang pada cabang Tilawah dapat langsung mewakili RRI Banda Aceh pada PTQ Nasional yang berlangsung di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan awal Mei 2021.

“Sedangkan khusus pemenang cabang Tahfidz dan Tausiyah diharuskan mengikuti babak grand final pada tanggal 20 April nanti yang akan berkompetisi dengan peserta terbaik dari RRI Lhokseumawe,Takengon dan Meulaboh. Pemenangnya akan menjadi perwakilan korwil 17 pada PTQ Nasional 2021,” jelasnya.(*)

Pos terkait