Relawan RAPI Banda Aceh Gelar Bakti Sosial di Aceh Timur

  • Whatsapp
rapi band aceh gelar baksos di aceh timur
Foto: Doc RAPI Kota Banda Aceh

ACEH TIMUR – Relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Banda Aceh menggelar bakti sosial berupa pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, di Desa Leunge, Kecamatan Pereulak, jumat (22/03/19).

Ketua RAPI Wilayah Kota Banda Aceh Alta Zaini (JZ01ABG) mengatakan, dalam bakti sosial (baksos) yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut, RAPI Kota Banda Aceh mengirim tiga relawan termasuk tenaga medis, yakni dr. M.Aidar (JZ01ALD), Ilham. W. Sidqi (JZ01AHM) dan Faris Hidayat (JZ01AFT).

Bacaan Lainnya

Kehadiran relawan RAPI di lokasi baksos mendapat sambutan antusias dari warga di pedalaman tersebut. Sekitar 150 pasien yang umumnya para lansia datang ke lokasi baksos untuk mendapatkan pengobatan gratis.

“Menurut Tim Medis Relawan Rapi, umumnya warga yang berobat mengeluhkan penyakit lambung, darah manis.  Sementara pasien anak-anak mengalami demam dan penyakit gatal-gatal.” jelas Alta.

Dipilihnya kecamatan Peurlak, Aceh Timur, berawal dari informasi adanya seorang pasien yang mengalami gagal ginjal bernama Rahanul Zakiah. Namun niat berkunjung ke rumah pasien tersebut gagal, karena keterbatasan waktu dan kesulitan mendapatkan alamat serta nomor kontak keluarga Rahanul Zakiah.

“Ada oknum yang mempersulit Relawan RAPI mendapatkan alamat pasien gagal ginjal tersebut. Tapi tidak menjadi masalah, kita melanjutkan dengan kegiatan bakti sosial.” terang Alta.

Sehingga akhirnya relawan RAPI kota Banda Aceh memutuskan untuk memberikan bantuan serta pengobatan gratis di daerah sekitar.

“Baksos pengobatan gratis  ini digelar sebagai bentuk kepedulian dan kesiapan relawan RAPI Banda Aceh siap hadir membantu masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun. Tidak hanya terfokus dikota Banda Aceh saja tapi dimanapun dibutuhkan RAPI sebagai organisasi sosial selalu siap hadir untuk memberikan pertolongan.” tegas Alta.

Lebih lanjut Alta menyebut relawan yang bergabung di organisasi RAPI berasal berbagai latar bekakang profesi, termasuk diantaranya ada yang tenaga medis yang siap turun memberikan sumbangsih untuk masyarakat Aceh, khususnya bidang kesehatan.

“Kita berharap melalui baksos tersebut masyarakat peduli akan kesehatannya,” pungkas Alta. (*)

Pos terkait