Resmi 1 Ramadhan 1440 H Jatuh Besok Senin 6 Mei 2019

  • Whatsapp
1 ramadhan 6 mei

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan atau awal puasa pada Senin 6 Mei 2019. Penetapan tersebut dilakukan melalui sidang Isbat yang digelar pada Minggu 5 Mei 2019 petang.

“Peserta sidang isbat menetapkan 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019,” ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers hasil sidang isbat Awal Ramadhan 1440 Hijriah Gedung Kemenag, Jalan M.H Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5).

Bacaan Lainnya

Lukman menyampaikan penetapan hasil sidang isbat, setelah pihaknya mendengarkan berbagai pihak. Salah satunya laporan tim Rukyatul hilal yang telah dibentuk Kemenag di 34 Provinsi di Indonesia.

Sebelumnya, kata Lukman, di paparkan oleh Cecep Nurwedaya anggota badan hisab dan rukyat, posisi ketinggian hilal 4 derajat 30 menit 59 detik, dan 5 derajat 42 menit 59 detik berdasarkan hisab.

“Informasi hisab ini dari laporan petugas hisab di 102 titik di 34 provinsi di Indonesia. Meskipun tidak seluruhnya ada 9 petugas dibawah sumpah, di Bangkalan, Gresik, Lamongan, Makasar, Sulsel, kabupaten brebes, sukabumi. Mereka melihat hilal kesaksian di bawah sumpah,” jelas Lukman.

Atas kesaksian para anggota hisab itu, diputuskan bersama 1 Ramadhan yang ditetapkan besok Senin 6 Mei 2019.

Dalam sidang isbat ini diundang pula 63 orang dari Komisi 8 DPR RI, MUI, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, serta perwakilan negara sahabat yang terlibat.

Pos terkait