Rouhani Tolak Pengunduran Diri Menlu Iran

  • Whatsapp
hassan rouhani presiden iran
Hassan Rouhani | Foto: www.aljazeera.com

Kanalinspirasi.com, Taheran – Presiden Iran, Hassan Rouhani dilaporkan telah menolak pengunduran diri Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif. Diplomat senior Iran itu secara mengejutkan memutuskan mundur pada awal pekan ini.

Dalam sebuah surat kepada Zarif yang diterbitkan media pemerintah Iran, IRNA, Rouhani menuturkan dia telah menimbang-nimbang pengunduran diri Zarif dan memutuskan untuk menolaknya.

Bacaan Lainnya

“Sebagaimana Pemimpin Tertinggi gambarkan Anda (Zarif) sebagai orang yang dapat dipercaya, berani, dan religius di garis depan perlawanan terhadap tekanan luas Amerika Serikat (AS), saya mempertimbangkan menerima pengunduran diri Anda terhadap kepentingan nasional dan menolaknya,” tulis Rouhani, seperti dilansir Reuters pada Rabu (27/2/19).

Sementara itu, Zarif melalui akun Instagramnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyrakat Iran atas dukungan yang telah diberikan kepadanya.

“Sebagai seorang hamba yang sederhana, saya tidak pernah memiliki kekhawatiran selain mengangkat kebijakan luar negeri dan status Kementerian Luar Negeri,” tulis Zarif di akun Instagramnya.

Sebelumnya, Salah seorang sekutu Zarif mengungkapkan kemungkinan alasan diplomat top Iran tersebut memutuskan mundur dari jabatannya secara tiba-tiba.

Berbicara dalam kondisi anonim, sekutu Zarif itu mengatakan, pengunduran diri tersebut dimotivasi oleh kritik terhadap perjanjian nuklir dengan lima negara kekuatan dunia. Tekanan terhadap Zarif semakin kuat di Iran sejak AS meninggalkan kesepakatan itu tahun lalu.

“Ada pertemuan tertutup setiap minggu, di mana para pejabat tinggi membombardirnya dengan pertanyaan tentang kesepakatan itu dan apa yang akan terjadi selanjutnya. Dia dan bosnya (Rouhani) berada di bawah tekanan yang sangat besar,” ucapnya.

Sumber: Sindonews.com

Pos terkait