Rumah Petani di Pidie Hangus Terbakar, Empat Ton Padi Hangus

  • Bagikan
Kebakaran rumah diduga korsleting listrik di Gampong Baro Jruek Kemukiman Lhokkaju Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh, Sabtu (21/5/2022). ANTARA

Kanalinspirasi.com, PIDIE – Satu unit rumah semi permanen milik petani ludes terbakar di Gampong Baro Jruek, Kemukiman Lhokkaju, Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie.

“Rumah terbakar milik M Gade Ubit (56), Rumah ditinggal karena M Gade ke kebun di gampang sebelah, sedangkan istrinya Nurbaiti berada di Kabupaten Bireuen,” kata Keuchik Gampong Baro Jruek, Ramlan, Sabtu.

Kebakaran diketahui tetangga pada Sabtu (21/5) pukul 09.30 WIB. Saat itu, api sudah membumbung tinggi ke atap rumah. Ketika pemilik kembali, ia melihat api sudah menyebar ke seluruh bangunan.

Masyarakat mencoba menyiram dengan perlengkapan seadanya agar tidak menyebar ke bangunan lain, sembari menunggu mobil pemadam tiba ke lokasi.

“Semua barang habis terbakar, api berhasil dipadamkan pukul 11.30 WIB dengan dikerahkan empat unit armada damkar dan bantuan masyarakat setempat,” kata Ramlan

Beberapa barang yang habis terbakar di antaranya, dua sepeda motor, dua sepeda, empat ton padi, 10 zak beras, dan beberapa perlengkapan rumah tangga lainnya.

“Barang tersebut tidak bisa diselamatkan karena api menyebar sangat cepat. Alhamdulillah uang dan emas bisa terselematkan,” katanya.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Damkar Kabupaten Pidie Syahrial mengatakan pihaknya menurunkan tim ke lokasi.

“Sedang kami telusuri penyebabnya, namun dugaan berat karena korsleting listrik karena rumah kosong sedang ditinggal pemiliknya,” kata Syahrial. (*)

  • Bagikan