Rumah Terbakar, Ibu di Singkil Menerjang Api Sambil Gendong Anak Balita

  • Whatsapp

SINGKIL – Di Singkil, satu unit rumah berkontruksi kayu ludes dilahap api hingga rata dengan tanah. Rumah milik Sahbuddin (43), warga desa Pea Bumbung Kecamatan Singkil, terbakar pada Rabu (3/7), sekira pukul 01.15 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil, M. Iksan, memaparkan kronologi kejadian saat penghuni rumah sedang tidur. Sahbuddin terbangun saat merasakan panas dan melihat api sudah membesar.

Bacaan Lainnya

Dalam keadaan panik, penghuni keluarga sejumlah 6 orang berusaha menyelamatkan diri dari kepungan si jago merah. Beberapa anak keluar rumah dengan melompat dari jendela. Termasuk Jasni (38) istri Sahbuddin yang berhasil selamat dari kepungan api sambil menggendong anak mereka yang masih balita.

“Penghuni rumah berhasil selamat keluar dari rumah melewati kepungan api,” tutur Iksan.

BPBD Singkil menerjunkan 2 unit armada damkar ke lokasi setelah menerima laporan dan melakukan upaya pemadaman dibantu warga.

Hingga api berhasil dipadamkan, seluruh rumah kayu yang baru dibangun beserta isinya sudah hangus terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Penyebab kebakaran diduga dari korleting listrik dan sudah ditangani pihak berwajib.

Pasca kebakaran, keluarga Sahbuddin harus mengungsi di tenda darurat dan dibantu tetangga yang memasak nasi untuk korban.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid, didampingi Dandim 0109/Singkil Letkol Saifudin dan Kapolres Aceh Singkil AKBP Andrianto Argamuda telah mengunjungi korban dan menyerahkan bantuan masa panik.

Terkait bantuan rumah untuk korban kebakaran, Bupati minta kepala desa setempat membuat proposal ke Dinas Sosial.

“Silahkan kirim proposal ke Dinas Sosial, nanti akan kita pelajari,” ujar Bupati. (*)

Pos terkait