Rumah Warga Kuta Malaka Berkontruksi Kayu Terbakar

  • Whatsapp
rumah kayu terbakar

ACEH BESAR – Rumah berkontruksi Kayu milik Ridwan (52) penduduk Desa Lubok puni, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar, terbakar Kamis (2/5) sekitar pukul 16.40 wib. Akibat kejadian tersebut, rumah panggung yang di huni oleh 5 jiwa tersebut mengalami rusak sedang, karena petugas pemadam cepat tiba dilokasi sehingga api hanya membakar bagian dapurnya saja.

Berdasarkan informasi yang diterima dari petugas PUSDALOPS-PB BPBD Aceh Besar, Petugas piket pemadam BPBD Aceh besar pos induk sibreh mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran ke Lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

Bacaan Lainnya

Setiba di lokasi kejadian api sudah membakar sebagian dapur rumah yang berkontruksi kayu tersebut, petugas langsung melakukan pemadaman dan memblokir api agar tidak menjalar kebagian yang lainnya dikarenakan bangunan yang berkontruksi kayu sangat mudah terbakar dan menjalar kebagian lainnya. Namun karna usaha dan kesigapan petugas yang turut dibantu oleh warga sekitar dengan melakukan pemadaman manual sehingga api hanya membakar bagian dapur rumah korban.

Hingga dengan saat ini belum diketahui penyebab kebakaran rumah berkontruksi kayu tersebut, namun menurut saksi api pertama kali muncul dari bagian dapur rumah korban. Akibat kejadian tersebut korban mengalami kerugian belasan juta rupiah, karena selain menghanguskan seluruh bagian dapur sejumlah peralatan rumah tangga juga tidak dapat diselamatkan.

Menyikapi tingginya angka kebakaran yang terjadi di Aceh Besar dalam sepekan ini, Kalak BPBD Kabupaten Aceh Besar Farhan, AP menghimbau masyarakat untuk lebih waspada. Karena menurutnya,  kebakaran permukiman dan karhutla juga tidak terlepas dari kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Aceh Besar yang cerah dan suhu yang panas sehingga sangat besar potensi terjadinya kebakaran.

Farhan mengingatkan masyarakat agar dapat meningkatkan kewaspadaan dan ke hati hatian disaat berpergian dari rumah atau berada dalam rumah agar dapat mengecek peralatan atau kegiatan yang menyangkut dengan pembakaran guna menghindari berbagai hal yang dapat menimbulkan terjadi nya kebakaran.

disamping itu juga diharapkan warga agar tidak membakar sampah sembarangan apa lagi setelah membakar sampah langsung ditinggal begitu saja tanpa di awasi. Selain itu warga juga diminta untuk dapat melakukan pengecekan instalasi listrik dan peralatan rumah tangga lainnya yang menggunakan energi listrik agar benar-benar dalam keadaan baik dan masih layak untuk digunakan untuk menghindari konsleting arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran. (*)

Pos terkait