Satgas Covid-19: 24 Warga Pulau Simeulue Positif Terpapar Virus Corona

  • Bagikan
Pelajar sekolah dasar mengikuti vaksinasi COVID-19 di Simeulue, Aceh, Jumat (4/3/2022). foto: ANTARA

Kanalinspirasi.com, SIMEULUE – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan sebanyak 24 warga kabupaten kepulauan di Samudra Hindia itu dinyatakan positif COVID-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue Farhan di Simeulue, mengatakan 24 warga tersebut terpapar COVID-19 berdasarkan hasil tes PCR.

“Ada tiga kali pengiriman sampel tes PCR ke Dinas kesehatan Aceh. Pertama delapan orang, kemudian tujuh orang, dan terakhir sembilan orang. Semuanya 24 orang, terkonfirmasi positif COVID-19. Namun, untuk variannya hingga kini belum diketahui,” kata Farhan, Jumat (4/3/2022)

Farhan mengatakan tiga dari 24 warga positif COVID-19 tersebut menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simeulue. Sedangkan 21 orang lainnya menjalani perawatan di rumah masing-masing.

“Mereka dirawat serta menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing tetap dipantau oleh tim medis dan aparatur kecamatan dan desa. Pemantauan ini untuk memastikan mereka menjalani perawatan dan isolasi sesuai prosedur,” kata Farhan.

Farhan mengatakan dengan adanya warga Simeulue yang terkonfirmasi positif COVID-19, maka Kabupaten Simeulue keluar dari zona hijau. Padahal, Kabupaten Simeulue sejak dua bulan terakhir masuk zona hijau setelah nihil kasus COVID-19.

Adanya 24 warga positif COVID-19, Farhan mengingatkan warga di Kabupaten kepulauan itu meningkatkan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan COVID-19. Apalagi pemerintah belum mengakhiri pandemi COVID-19.

Disiplin protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun. Dan paling penting, ikuti vaksinasi vaksin COVID-19 dosis lengkap. Vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap COVID-19,” kata Farhan.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.(ANTARA)

  • Bagikan