Saudi Usir Tiga Kapal Iran

  • Whatsapp
Angkatan Laut Iran Amerika Serikat. Foto : AP

JAKARTA – Terjadi insiden antara Arab Saudi dan Iran di Teluk. Bahkan Saudi melemparkan tembakan kepada tiga kapal Iran untuk mundur.

Sebagaimana dikutip Saudi Press, Juru Bicara kerajaan mengatakan kapal-kapal Iran terus mendekati wilayah Saudi dan menolak berhenti. Padahal, sudah berulang kali diberikan peringatan.

Bacaan Lainnya

Akhirnya tiga kapal Iran dipaksa mundur dengan tembakan peringatan. “Kapal-kapal menolak untuk menanggapi peringatan setelah itu tembakan peringatan ditembakkan … memaksa mereka untuk mundur,” tulis AFP mengutip laporan tersebut, sebagaimana diberitakan Minggu (28/6).

Sayangnya laporan itu tidak mengidentifikasi jenis kapal yang digunakan.

Dikutip dari Reuters, media Iran mengatakan penjaga panta (coast guard) Saudi menembaki nelayan Iran yang tersesat. Tapi. tidak ada yang terluka.

Laporan Iran mengatakan nelayan tersebut pergi sejak 21 Juni. Namun sayangnya, tidak ada keterangan kapan masalah tersebut terjadi.

Arab Saudi dan Iran tidak memiliki hubungan diplomatik sejak 2016. Namun perselisihan kedua negara sudah terjadi sejak 1979.

Ketegangan meningkat pada tahun lalu setelah serangkaian serangan terhadap tanker minyak di Teluk dan instalasi minyak Saudi, insiden yang mengguncang pasar energi global tahun lalu.

Baik Amerika Serikat dan Arab Saudi menuduh Iran berada di balik serangan itu, tuduhan yang dibantah oleh Teheran.

Pos terkait