Sawah Baru Tingkatkan Pendapatan Petani, Kurangi Alih Fungsi Lahan

  • Whatsapp
petani memanfaatkan lahan sawah baru
Ilustrasi Sawah. Foto: Istimewa

ACEH BESAR – Kadis Pertanian Aceh Besar, Dr Ir Azhar MSc mengharapkan para petani dapat memanfaatkan lahan sawah baru untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya padi. Karena petani yang tergabung dalam kelompok tani juga mendapat bantuan sarana produksi setelah lahan dicetak.

“Perluasan lahan akan menambah nilai produksi dan pendapatan petani, sekaligus pemanfaatan lahan yang belum tergarap sebagai antisipasi alih fungsi lahan yang sangat signifikan di Aceh Besar,” ungkap Azhar, Senin (10/6) sore.

Bacaan Lainnya

Sebagai daerah potensial pertanian padi dan penyumbang gabah nasional, Azhar optimis Aceh Besar dapat menambah nilai produksi setelah cetak sawah baru. Termasuk upaya mencegah alih fungsi lahan.

Selama ini  luas lahan baku sawah di Aceh Besar terus berkurang seiring semakin gencarnya alih fungsi lahan terutama untuk pemukiman baru. Menurut Azhar kondisi ini sulit dibendung, dengan gencarnya pembangunan Kota Banda Aceh sebagai Ibukota provinsi Aceh yang terus melebar ke wilayah Aceh Besar.

“Program cetak sawah baru harus terus berlanjut guna mengantisipasi penurunan luas lahan sawah produktif di Aceh Besar,” pungkas Dr Ir Azhar MSc, Kadistan Aceh Besar. (*)

Pos terkait