Sekda Aceh Tinjau Kondisi Terbaru Jalan Trumon – Singkil

  • Bagikan
Sekda Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, Meninjau Pekerjaan Peningkatan Jalan Trumon Batas Aceh Singkil Segmen 1 di Trumon Aceh Selatan, Selasa (28/6/2022).

Kanalinspirasi.com, SINGKIL – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah meninjau kondisi kekinian dari peningkatan sejumlah ruas jalan yang menghubungkan wilayah di Kabupaten Aceh Selatan dan Singkil, Selasa 28 Juni 2022.

Ruas jalan tersebut yaitu Jalan Trumon – Batas Singkil (Segmen I), Jalan Trumon – Batas Singkil (Segmen II) dan Jalan Batas Aceh Selatan – Kuala Baru – Singkil – Telaga Bakti. Seluruh proyek tersebut merupakan pekerjaan yang dilakukan menggunakan skema kontrak multiyears, atau tahun jamak.

Dari pantauan Sekda Aceh, peningkatan ruas jalan tersebut nyaris selesai tahapan pengerjaannya. Tampak jalan lintas yang menghubungkan Aceh Selatan dan Singkil itu sudah mulus teraspal dengan kondisi yang cukup baik.

Hanya terdapat beberapa titik yang pengerjaannya masih berlangsung. Terpantau juga para pekerja dengan menggunakan alat berat masih terus melakukan pekerjaan mereka untuk menuntaskan jalan itu pada Desember 2022, sebagaimana target awal penyelesaiannya.

Diketahui, sebelumnya peletakan batu pertama peningkatan sejumlah ruas jalan yang menghubungkan sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Selatan dan Singkil itu dilakukan Gubernur Aceh Nova Iriansyah Kamis pada Februari 2021 lalu.

Dengan selesainya pekerjaan ketiga ruas jalan tersebut, diharapkan akan memberikan dampak lancarnya arus lalu lintas antara Trumon Kabupaten Aceh Selatan dengan Kuala Baru Kabupaten Aceh Singkil. Sehingga konektivitas antarwilayah dan tingkat ekonomi di wilayah yang dilewati jalan tersebut akan berkembang dan tumbuh dengan baik.

Pembangunan jalan itu juga merupakan bagian dari program infrastruktur Pemerintah Aceh dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat sesuai target kerja Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan Nova Iriansyah.

Dalam kunjungan itu Taqwallah juga meninjau proses pembangunan jembatan penghubung Desa Kilangan, Kecamatan Singkil dengan Desa Kuala Baru Sungai, Kecamatan Kuala Baru.

Sebagai informasi, Kecamatan Kuala baru merupakan bagian dari wilayah Aceh Singkil yang terhubung langsung dengan Trumon, Aceh Selatan melalui jalur darat.
Artinya, dengan dibangunnya jembatan penghubung itu wilayah Singkil dapat terakses langsung dengan Aceh Selatan.(*)

  • Bagikan