Selain Hadapi Covid-19, Indonesia Harus Waspada DBD

  • Whatsapp
virus corona baru
Ilustrasi DBD. Foto : Ist

JAKARTA – Wabah virus corona baru (Covid-19) terjadi di banyak negara, termasuk Indonesia. Namun, virus corona bukan satu-satunya yang menjadi ancaman masyarakat saat ini.

Masih banyak penyakit lain yang tak kalah berbahaya dan mematikan selain Covid-19. Beberapa penyakit ini biasanya muncul dan mengintai beberapa wilayah karena kurangnya kewaspadaan dan perhatian dari masyarakat.

Bacaan Lainnya

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, di tengah pandemi virus corona yang melanda seluruh dunia, masyarakat juga harus waspada. Pasalnya, masih ada beberapa ancaman penyakit lain yang timbul.

Baca Juga : Update Corona di Indonesia : 3.842 Positif, 327 Meninggal, 282 Sembuh

Salah satu penyakit yang muncul selama masa pancaroba dan telah menyerang beberapa wilayah di Indonesia adalah demam berdarah (DBD). DBD disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang berkembang biak dengan subur.

“Peningkatan kasus DBD juga harus diperhatikan. Berantas semua potensi DBD di rumah masing-masing,” kata Yuri dalam siarang langsung Media Center Covid-19 di Gedung BNPB, Jumat (10/4).

Di saat yang bersamaan, Yuri juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang patuh untuk tetap berada di rumah selama masa isolasi diri. Saat ini, pemerintah telah menetapkan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Terima kasih atas kepatuhan masyarakat. Peraturan ini ada untuk melindungi semuanya,” ucap Yuri, dikutip dari Okezone.

Pos terkait